Mata Kuliah Kajian Kurikulum Vokasi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mempelajari tentang pengetahuan dan keterampilan mendesain dan mengembangkan kurikulum pendidikan vokasi, baik untuk kebutuhan pendidikan menengah kejuruan, pendidikan tinggi vokasi, dan pelatihan (training). Keterampilan meliputi merencanakan, memilih model kurikulum, menyusun kurikulum, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum

Capaian Mata Kuliah :
    1. Mampu mengkaji konsep kurikulum vokasi untuk pengembangan pendidikan vokasi.
    2. Mampu memahami model, isi, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum melalui pendekatan inter, multi dan transdisiplin.
    3. Mampu mendesain dan mengembangkan kurikulum pendidikan vokasi pada jenjang pendidikan menengah, pendidikan tinggi, dan pelatihan.
    4. Mampu bersikap jujur, objektif, teliti, dan bertanggung jawab dalam mengembangkan kurikulum pendidikan vokasi
    Sumber Rujukan :

    1. Sukamto. 1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan . Depdikbud Jakarta.
    2. Reksoatmodjo, Tedjo Narsoyo. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT. Refika Aditama.
    3. Georg Spöttl, Bremen, Germany. 2013. Curriculum Development of Vocational Teacher Education within the Context of ASEAN Integration Process .
    4. Ejiwoke Kennedy Ph.D. 2013. Functional Vocational and Technical Education Curriculum for sustainable youth empowerment in nigeria umunadi . British Journal of Education Vol.1, No.1, pp. 7-13, September 2013 Published by European Centre for Research Training and Development UK.
    5. Curtis R. Finch, Virginia Polytechnic Institute & State University & John R. Crunkilton, Virginia Polytechnic Institute & State University. 1999. Curriculum Development in Vocational and Technical Education : Planning, Content, and Implementation, 5th Edition.
    6. Centre For Educational Research And Innovation. 2009. Working Out Change Systemic Innovation In Vocational Education And Training. Australia (The OECD Member Countries): OECD Publications.
    7. Md. Rashedul Huq Shamim. 2016. Effectiveness of Using ICTs to promote teaching and learning in technical education: Case of Bangladesh . Vol. 8(2), pp. 12-19, February 2016. DOI: 0.5897/ IJVTE2015.0177


    © 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM