Mata Kuliah Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) (2 SKS)
Mampu menguasai bahasa Indonesia baik secara teoretis maupun aplikatif serta pembelajarannya bagi Penutur Asing dengan segala seluk beluknya mulai dari strategi, metode, dan teknik pembelajarannya, di samping penguasaan media dan alat tesnya serta mendalami latar belakang pebelajarnya melalui kegiatan perkuliahan, pemantapan teori dan penerapan bahasa Indonesia, praktik analisis, presentasi, guna manganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi pembelajaran BIPA dengan metode dan teknik yang tepat dan menerapkannya dalam pembelajaran dan penelitian BIPA sesuai dengan kemampuan bahasa yang dikuasainya.
- Memanfaatkan Ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengomunikasian gagasan tentang pembelajaran BIPA
- Menguasai bahasa Indonesia secara teoretis dan aplikatif, konsep-konsep pembelajarannya, seperti strategi, metode, teknik, dan media sebagai dasar pengajaran BIPA dan keterampilan berbahasa Indonesia serta penelitian bahasa.
- Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan konsep-konsep bahasa Indonesia berdasarkan kaidah dan situasi penggunaannya.
- Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, projek, dan tes yang terkait dengan ke-BIPA-an.
Chaer, Abdul .2009. Fonologi Bahasa Indonesia . Jakarta: Rineka Cipta
Hamman, Cornelia and Carmen Schmitz. 2005. Phonetics and Phonology . Geneva: University of Oldenburg
Maryanto (Penyelia). 2016. Sahabatku Indonesia . Jakarta: PPSDK Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud.
Muslich, Mansur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia . Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, Mansur. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Rohaedi, D.W. (ed.). 2006. Pelita Nusantara 2, Belajar Budaya dan Bahasa Indonesia. Surabaya: Empat Pena
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM