Mata Kuliah Kepewaraan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Menguasai konsep teoretis bidang keterampilan berbahasa melalui kegiatan tata cara mengatur acara guna menghasilkan keterampilan berbahasa yang diskret, integratif, komunikatif, dan pragmatik untuk dipraktikkan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan.

Capaian Mata Kuliah :

  1. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu menguasai konsep dan kemahiran dalam keterampilan berbahasa
  2. Menguasai tata cara mengatur acara yang mencerminkan kemahiran dalam berketerampilan berbahasa.
  3. Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan keterampilan berbahasa secara diskret, integratif, komunikatif, dan pragmatik.
  4. Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan konsep teoretis bidang keterampilan berbahasa dan penerapannya
Sumber Rujukan :

  1. Aep Saiful Hamidan. Tanpa Tahun. Belajar Pidato dan MC: Panduan Mudah dan Cepat Memukau Audience dengan Percaya Diri. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat.
  2. Elizabeth Tierney. 2004. 101 Cara Berkomunikasi Lebih Baik . Diterjemahkan oleh Antonius Eko W. Jakarta: PT Elek Komputindo (Gramedia Grup).
  3. Edy Santosa, dkk. 2005. Terampil Presentasi: Teknik Memberikan Pelatihan dan Mengajar bagi Para Trainer, Fasilitator, dan Guru. Jakarta: Grasindo.
  4. R. Fadli. 2001. Terampil Wawancara: Panduan untuk Talk Show . Jakarta: Grasindo.
  5. Rini Darmastuti. 2006. Bahasa Indonesia Komunikasi . Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  6. Ahmadi, Anas. 2012. Psikologi Berbicara . Surabaya: Unesa Press.
  7. Carnegie, D. 2010. The Magic of Speaking. Yogyakarta: Ufuk.
  8. Hendricus, D.W. 1991 . Retorika: Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius.
  9. Rahmat, J. 2004. Retorika Modern: Pendekatan Praktis . Bandung: Rosdakarya.
  10. Rahmat, J. 2012. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosdakarya.
  11. Santosa, A. 2010. Psikologi Persuasi . Jakarta: Grasindo.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM