Mata Kuliah Psikolinguistik (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengembangan penguasaan konsep hubungan bahasa dan pikiran, dasar-dasar kemampuan berbahasa,landasan biologis dan neurologisberbahasa, proses pemerolehan bahasa anak, dan gangguan berbahasa melaluikegiatan pertemuan kelas dan observasi ke lapangan guna menghasilkan produkpenelitian untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karyajurusan serta alternatif sumber rujukan untuk penelitian selanjutnya.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkanipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengkajian hubunganbahasa dan pikiran, dasar-dasar kemampuanberbahasa,landasan biologis dan neurologis berbahasa , proses pemerolehanbahasa anak, dan gangguan berbahasa.
  2. Menguasai dasar-dasarhubungan bahasa dan pikiran, dasar-dasarkemampuan berbahasa,landasan biologis dan neurologis berbahasa , prosespemerolehan bahasa anak, dan gangguan berbahasa sehingga mampu menerapkannyadalam penelitian dan atau pembelajaran bahasa.
  3. Mengambilkeputusan strategis dalam menerapkan dasar-dasar hubungan bahasa danpikiran, dasar-dasar kemampuanberbahasa,landasan biologis dan neurologis berbahasa , proses pemerolehanbahasa anak, dan gangguan berbahasa .
  4. Bertanggung jawab terhadap penyelesaiantugas, kuis, dan tes yang terkait dengan hubungan bahasa dan pikiran, dasar-dasar kemampuan berbahasa,landasanbiologis dan neurologis berbahasa , proses pemerolehan bahasa anak, dangangguan berbahasa.
Sumber Rujukan :
  1. Aitchison, Jane. 1984.The Articulate Mammal: An Introduction to Psycholinguistics. London: Hutchison.Ardiana,
  2. Leo Idra danSyamsul Sodiq. 2003.Psikolinuistik.Jakarta: Universitas Terbuka.
  3. Dardjowidjojo, Soenjono.2000.Echa; Kisah Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Gramedia.
  4. Dardjowidjojo, Soenjono.2003.Psikolinguistik.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  5. Ellis, Rod. 1990.Instructed Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
  6. Ellis, Rod. 1985.Undertsanding Second Language Acqusition. Oxford: Oxford University Press.
  7. Garman,Michael. 1994.Psycholinguistics. Cambridge: Cambridge University Press.
  8. Grene, Judith. 1974.Psycholinguistics: Chomsy and Psychology. Ontario: Penguin Books Ltd.
  9. Klein, Wolfgang. 1986.Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.
  10. Krashen, Stephen D. 1981. Second Language Acquisition and secondLanguage Learning.Oxford: Pergamon Press.
  11. Lambert, Wallace e. 1972.Language, Psychology, and Culture. Stanford: Stanford University Press.
  12. Malley, J.Michael &Anna Uhl Chamot. 1990.LearningStrategies in Second Language Acquisition.: Cambridge University Press.
  13. Simanjuntak,Pangantar. 1987. Pengantar PsikolinguistikModern. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian PelajaranMalaysia.
  14. Subyakto, Sri Utari. 1992.Psikolinguistik:Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM