Mata Kuliah Entrepreneurship (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah kewirausahaan mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mecetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Mata kuliah tersebut juga merupakan implementasi dari berbagai teori yang diajarkan dalam kewirausahaan sehingga mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausahawan baru yang memiliki ide dan implementasi mengenai lapangan usaha baru yang dapat memajukan perekonomian pribadi, perusahaan, agama, dan negara.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneur-ship) berbasis IPTEKS di selingkung mahasiswa Sastra Inggris, Unesa yang akan melahirkan calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global
  2. Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional, serta Menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa,
  3. Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, bekerja keras, inovatif, berani mengambil resiko dengan perhitungan, memiliki kemampuan empatik dan keterampilan sosial,
  4. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa di selingkung Sastra Inggris Unesa agar memiliki kemampuan atau keberanian untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, dan mengasah kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang baru,
  5. Menumbuhkembangkan wirausaha baru yang berpendidikan tinggi
  6. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis keilmuan dalam bahasa dan sastra,
  7. Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan,
  8. Mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan Sastra Inggris Unesa dan terbukanya peluang usaha yang dapat menumbuhkan ekonomi informal berdaya saing global





Sumber Rujukan :
  1. Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
  2. Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta
  3. Buku Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNESA, 2021, Surabaya
  4. Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM