Mata Kuliah Pameran Seni Rupa (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah pilihan ini membahas proses dan strategi pengembangan pameran menggunakan berbagai teknologi dan teknik. Mulai dari pameran di museum, galeri, pameran tematik, ritel, dan perdagangan. Desain pameran merupakan proses kerja kolaboratif yang mengintegrasikan disiplin arsitektur, lansekap, desain grafis, desain interior, teknik audiovisual, media digital, pencahayaan, desain interior, dan pengembangan konten untuk mengembangkan pengalaman audiens, keterlibatan audiens, dan mempengaruhi pemahaman mereka, dengan strategi teori dan praktek

Capaian Mata Kuliah :
  • Mahasiswa mampu mengatur penyelenggaraan sebuah pameran seni.
  • Mahasiswa mampu melakukan proses kerja secara kolaboratif dan integratif.
  • Mahasiswa menguasai proses, strategi, teknik, dan mampu mengembangkan berbagai jenis pameran.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
  • Mahasiswa memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif
Sumber Rujukan :
  • Ellen Rosewall. 2013. Arts Management; Uniting Arts and Audiences in the 21st Century. Oxford University Press.
  • Uwe Reinhardt, Philipp Teufel. 2010. New exhibition design 02 . Avedition.
  • Mikke Susanto. 2004. Menimbang Ruang Menata Rupa. Galang Press.
  • Glenn Adamson, dkk. 2007. What Makes a Great Exhibition?. University of the Arts, Philadhephia.
  • David Dernie. 2007. Exhibition Design . Laurence King.
  • Elizabeth Bogle. 2013. Museum Exhibition Planning and Design. Altamira Press.
  • Pam Locker. 2010. Basics Interior Design 02: Exhibition Design . AVA.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM