Mata Kuliah Pemrograman Berbasis Platform (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan praktis dalam pengembangan aplikasi menggunakan berbagai platform pemrograman. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar pemrograman, framework, dan tools yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis platform seperti web, mobile, dan desktop. Mata kuliah ini juga mencakup pemahaman tentang arsitektur aplikasi, manajemen proyek perangkat lunak, serta praktik terbaik dalam pengembangan dan pengujian aplikasi.

Capaian Mata Kuliah :
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan perbedaan antara berbagai platform pemrograman (web, mobile, desktop), serta memilih platform yang sesuai untuk kebutuhan aplikasi tertentu.
  • Mahasiswa mampu menggunakan framework dan tools yang umum digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis platform, seperti React, Angular, Flutter, Xamarin, dan Electron.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan aplikasi web dinamis menggunakan HTML, CSS, JavaScript, serta framework dan library yang relevan seperti React atau Angular.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS menggunakan framework seperti Flutter atau Xamarin.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan aplikasi desktop menggunakan platform seperti Electron atau JavaFX.
  • Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan berbagai arsitektur aplikasi (MVC, MVVM, Microservices) dalam pengembangan aplikasi berbasis platform.
  • Mahasiswa mampu mengelola proyek perangkat lunak menggunakan metode Agile atau Scrum, serta menggunakan tools manajemen proyek seperti JIRA atau Trello.
  • Mahasiswa mampu menerapkan teknik pengujian perangkat lunak (unit testing, integration testing, end-to-end testing) serta menggunakan tools debugging untuk memastikan kualitas aplikasi.
  • Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan praktik terbaik dalam pengembangan aplikasi seperti kode bersih, manajemen versi, dokumentasi, dan keamanan aplikasi.
  • Mahasiswa mampu bekerja dalam tim pengembangan perangkat lunak, berkomunikasi efektif, dan berkontribusi secara produktif dalam proyek kolaboratif.
Sumber Rujukan :

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM