Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum (2 SKS)
Mengkaji pemahaman kurikulum secara komprehensif pada proses pendikan dan menganalisis prinsip dan landasan pengembangan kurikulum, serta kajian terhadap model konsep kurikulum yang menjadi dasar pengembangan berbagai model kurikulum yang pernah ada di Indonesia, terutama terhadap perencanaan, model pengembangan kurikulum, implementasi, dan evaluasi kurikulum. Serta kajian terhadap berbagai model pengembangan kurikulum oleh para ahli dan implementasinya di berbagai satuan pendidikan.
1. Memiliki pemahaman tentang kedudukan pengembangan kurikulum dalam keilmuan Teknologi Pendidikan terutama dalam upaya mengatasi masalah pendidikan/pembelajaran
2. Memiliki pemahaman tentang filsafat dan aliran pendidikan serta penerapannya dalam masyarakat yang mempengaruhi rancang bangun suatu kurikulum
3. Menguasai berbagai model pengembangan kurikulum dari berbagai ahli terutama dari beberapa kutub pengembangan kurikulum berdasarkan aliran filsafat tertentu.
4. Memiliki sikap sebagai pengembang kurikulum untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pendidikan dalam kurikulum.
5. Memiliki keterampilan menganalis data hasil penelitian kurikulum melalui kajian yang mendalam untuk memperoleh best practice pengembangan kurikulum di berbagai negara.
6. Mengelola proses dan sumber untuk memfasilitasi terjadinya proses pendidikan melalui kajian dan pengembangan kurikulum yang tepat sesuai tujuan pembangunan bangsa
7. Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis Teknologi Informasi untuk mendukung proses kajian dan pengembangan kurikulum secara akuntabel, jujur dan terbuka.
1. Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT) .
2. Anderson, W. Orin dan David R. Krathwohl. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assesing. a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives . New York: Longman.
3. Hasan, Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum . Bandung: Remaja Rosdakarya
4. McGregor, Debra. (2007). Developing Thinking; Developing Learning . A guide to thinking skills in eduation . England: McGraw_Hill Education
5. Miller, Jhon P, Seller, Wayne. 1985. Curriculum prespective and practice . New York: Longman
6. Riyanto, Yatim. 2007. Pengembangan Kurikulum . Surabaya: Unesa University Press.
7. Sukmadinata, Nana S. 2006. Pengembangan Kurikulum, teori dan praktek . Bandung: Remaja Rosdakarya.
8. Tyler, Ralph W. 1980. Basic Principles of Cirriculum and Instruction . Chicago: The University of Chicago Press
9. Zais, Robert S. 1976. Curriculum . New York: Harper & Row Publisher
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM