Mata Kuliah Akuntansi Sektor Publik (3 SKS)
Mata kuliah membahas latar belakang lahirnya OSP, proses bisnis yang dijalankan, proses penilaian kinerja,dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi tersedia. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi visi dan misi OSP serta implementasinya dalam kehidupan nyata.
- Afektifa. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral danetika (S2) b. Memiliki jati diri bangsa (S3) c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila (S4); d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S5); e. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S8); f. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S9); 2) PengetahuanMenguasai konsep teoritis dan praktis tentang: a. Akuntansidan Pelaporan Keuangan di OSPb. Akuntansi Manajemen dan Pengendalian di OSPc. Pengauditandan Asurans di OSP3) Keterampilana. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora (KU1); b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2); c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan danteknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desainatau kritik (KU3); d. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsiatau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4);e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5); f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringankerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya(KU6); g. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KU7); h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8); i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan,dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9); j. Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk menyelesaikan penugasan kerja(KU10);k. Mampu mempresentasikan informasi dan mengemukakan ide dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, kepada pemangku kepentingan(KU11)
1. Standar Akuntansi Pemerintahan (PP 71/2010)
2. International Public Sector Accounting Standards (IPSAS)
3. PSAK 45
4. PMK233/2011 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat
5. PMK171/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat
6. PMK59/2005 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat
7. Permendagri13/2006
8. Permendagri64/2013
9. Akuntansi Sektor Publik, Deddi Nordiawan, Salemba Empat(2010)
10. Akuntansi Keuangan Daerah, Erlina, Rambe dan Rasdianto, Salemba Empat (2015)
11. Praktikum Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Mutia, Desmiyawati dan Azlina, Salemba Empat (2015)
12. Public Sector Accounting, Rowan Jones & Maurice Pendlebury, Financial Times Prentice Hall (2000)
13. Abdul Halim dan Muhammad Syam Kusufi. 2014. Akuntansi Keuangan Daerah.Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM