Mata Kuliah Kajian Bimbingan dan Konseling Disabilitas (3 SKS)
Mengembangkan pemahaman tentang landasan teori bimbingan dan konseling bagi anak disabilitas, dan praktik-praktik pelaksanaannya (Vokasi) di sekolah atau pendidikan pada umumnya. Mengkaji berbagai teori dan teknik konseling (individual dan kelompok) dalam menangani anak Disabilitas. Dengan (1) Mengembangakan Bimbingan belajar dengan kajian konseptual teoritik (2) menganalisis, membandingkan, mengevaluasi setiap teori sehingga ditemukan persamaan dan perbedaan antar teori, dan (3) mengaplikasikan berbagai teori konseling secara integratif dan fleksibel untuk membantu konseli, (4) mengaplikasikan teknik-teknik konseling sesuai teori yang dikaji, dan (5) menggunakan hasil analisis tersebut untuk penelitian dan pengembangan. Perkuliahan diakhiri dengan penyusunan paper yang mendeskripsikan suatu permasalahan anak Disabilitas, dan penyusunan strategi bimbingannya berdasarkan suatu sudut pandang teori tertentu untuk memecahkannya. Paper tersebut berpeluang untuk menjadi calon penelitian pengembangan atau eksperimen bimbingan bagi anak Disabilitas yang bisa direncanakan dalam bentuk tesis.
CPL-1
Menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
CPL-2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CPL-3
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahlian bimbingan dan konseling
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1
Mampu menganalisis dan menyintesiskan berbagai pendekatan, metode, dan strategi bimbingan dan konseling dalam upaya menangani masalah-maslah peserta didik Disabilitas (konseli).
CPMK2
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
CPMK3
Memiliki kepribadian seorang Konselor profesional secara utuh yang dapat terlihat dari sikap dan pelayanan terhadap konseli melalui praktek secara langsung dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
Utama :
- Corey,G. 2023, Theory and Practice Of Counseling and Psychotherapy, Belmont, CA : Brooks/Cole.
- Corey, G., Haynes, R, Moulton, P., Murotari, M.2010. Clinical Supervision In The Helping Professions. Alexandria, VA ; American Counseling Association.
- Ivey, A, e: Ivey, M.B: & Zalaquett 2010, Intentional Interviewing & Counseling : Facilitating Client Development in a Multicultural Society, Belmont, CA : Brooks/Cole
- Model Bimbingan Karier untuk Pemahaman Diri dan Pemahaman Pekerjaan Siswa Disabilitasrungu SMALB-B 2016
- Program Layanan Bimbingan Perilaku Seksual Siswa Cerebral Palsy 2016
- Sue, D.W anda sue, D. 2013. Counseling The Culturally Diverse : Theory and Practise. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
- Orthopedagogik Anak Disabilitasdaksa 2019
Pendukung :
- Budiyanto, 2023. Models of disability and their effects on childrens lives. An Introduction to Childhood and Youth Studies and Psychology; Taylor and Francis (2023)
- Budiyanto, 2017. Indonesian teachers epistemological beliefs and inclusive education . Journal of Intellectual Disabilities ; DOI: 10.1177/1744629517717613
- Budiyanto, 2015. The Pedagogic Beliefs of Indonesian Teachers in Inclusive Schools; International Journal of Disability, Development and Education ; DOI: 10.1080/1034912X.2015.1061109
- Budiyanto, 2019. Manual Sign Acquisition In Children With Developmental Disabilities; Nova Science Publishers Inc.
- Pamuji P., Sartinah, E. P., Andajani, S. J. , 2022. The Implementation Of Mobile Apps For Visually Impaired Students Mobility In Undergraduate Programme, Fakulty Of Education, World Journal On Educational Tecnology : Current Issues
- Sartinah, E. P., Andajani, S. J., Pamuji P., Nursimawan , 2022. Model Bimbingan Untuk Meningkatkan Aspek Sosial Dan Motoric Anak Disabilitasganda Di Sekolah Dasar. Basicedu
- Sartinah, E. P, 2022. Model Hybrid Learning Indoor And Outdoor Untuk Meningkatkan Layanan Interaksi Sosial Penyandang Disabilitas Usia Dini. Nor Nusantara Reesearch .
- Sartinah, E. P., Andajani, S. J., Ashar, M.N., Budiati, E. F. R , 2021. The Accessible It For Courses On The Special Education Undergraduate Program. Nor Nusantara Reesearch.
- Safirista, M., Sartinah, E. P., Murtadlo, S. 2021 . A Study Accessibility Of Deaf Students During The Covid-19 Pandemic ( Case Study Of Online And Offline Learning). Atlantis Press.
- Sartinah, E.P., Wahyuni E.N., Pamuji P., Budiati, E.F.R (2023). an alternative career guidance model to improve self-understanding and work understanding for deaf students . Jurnal Konseling dan Pendidikan.
- Sartinah, E.P., Model Bimbingan Karier untuk Pemahaman Diri dan Pemahaman Pekerjaan Siswa Disabilitasrungu SMALB-B 2016
- Sartinah, E.P., Program Layanan Bimbingan Perilaku Seksual Siswa Cerebral Palsy 2016
- Artikel Jurnal Teori dan Teknik Konseling anak Disabilitas
- Artikel Jurnal masalah-masalah dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir anak Disabilitas
15. Sartinah, E.P., Buku Panduan Layanan Bimbingan Perilaku Seksual Bagi Siswa Disabilitasgrahita Sekolah Luar Biasa 2016
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM