Mata Kuliah Design Thinking & Inovasi (3 SKS)
Mata kuliah ini memperkenalkan pemikiran desain dan penerapannya untuk mengembangkan produk, layanan, dan organisasi bisnis baru. Design Thinking adalah pendekatan interdisipliner yang berpusat pada manusia terhadap inovasi. Design Thinking bertujuan untuk membantu perusahaan besar dan kecil (misalnya startup) untuk berubah dan berinovasi. Design thinking yang dipraktikkan dalam mata kuliah ini sebagian mengikuti pendekatan IDEO (lihat misalnya, www.ideo.com), yang memadukan pemikiran kreatif dan pemikiran logis atau rasional, dan melibatkan proses yang terdiri dari empati, ide, dan prototipe. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip desain, metodologi dan kerangka kerja, dan menerapkannya melalui latihan dan proyek. Mata kuliah ini dibagi menjadi empat aspek utama, semuanya saling berhubungan tetapi juga kami tekankan secara terpisah: (1) metodologi desain (misalnya proses desain, penelitian etnografi, brainstorming, pemikiran integratif, peran desain, komposisi tim), (2) "hal" yang akan dirancang (misalnya, produk, layanan, atau bisnis itu sendiri) , misalnya model bisnis), (3) sikap dan perilaku manusia (terhadap desain), dan (4) konteks desain. Konteks desain mengacu pada konteks yang muncul lebih luas untuk desain dan bisnis, khususnya, masyarakat (termasuk budaya yang berbeda. user persona dan lingkungan fisik). Pembelajaran terutama akan bersifat pengalaman - melalui analisis kasus, latihan kelompok, dan proyek tim. Prototipe yang menggunakan bahan yang mudah diakses akan diharapkan dan pembicara tamu dengan pengalaman praktis dalam Design Thinking juga dapat diundang untuk mendukung pembelajaran.
(C2). Memahami nilai inovasi untuk organisasi, perekonomian dan masyarakat.
(C3). Menerapkan inovasi dan proses inovasi di dalam organisasi.
(C4). Memahami hubungan antara inovasi, design thinking dan kewirausahaan.
(A5). Mengorganisasikan tahapan proses design thinking ke dalam proyek inovasi.
(P5). Menghasilkan keputusan strategis di bidang desain dan inovasi berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
Christian Mueller-Roterberg. 2018. Handbook of Design Thinking. US: Innovation Ratgeber.
Brown, T., & Katz, B. 2019. Change by design: how design thinking transforms organizations and inspires innovation (Vol. 20091). US: HarperBusiness.
Dobrigkeit, F., de Paula, D., & Uflacker, M. 2019. InnoDev: a software development methodology integrating design thinking, scrum and lean startup. In Design Thinking Research (pp. 199-227). Springer: Cham.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM