Mata Kuliah Pemasaran Digital (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengkaji konsep pemasaran digital sebagai bagian dari seperangkat konsep dan teori yang lebih besar dalam disiplin pemasaran dengan mengoptimalkan teknologi digital interaktif seperti Internet, podcast, dan e-commerce. Mata kuliah ini mencakup pengetahuan dan keterampilan terapan tentang intelejensi pasar, konten pemasaran, media pemasaran untuk bisnis digital, periklanan digital, manajemen reputasi online perusahaan digital dan evaluasi pemasaran digital.

This course examines the concept of digital marketing as part of a larger set of concepts and theories in the marketing discipline by optimizing interactive digital technologies such as the Internet, podcasts, and e-commerce. This course covers applied knowledge and skills on market intelligence, marketing content, marketing media for digital businesses, digital advertising, digital company online reputation management and digital marketing evaluation.

Capaian Mata Kuliah :

C2. Mahasiswa mengidentifikasi dan menerapkan pengetahuan pemasaran digital untuk situasi bisnis di lingkungan lokal dan global.

P3. Mahasiswa mengidentifikasi dan meneliti masalah pemasaran digital dalam situasi bisnis, menganalisis masalah, menarik solusi yang tepat dan dapat dibenarkan, serta mengembangkan dan mengevaluasi rencana pemasaran digital yang efektif.

A5. Mahasiswa secara efektif mengkomunikasikan pengetahuan pemasaran digital dalam konteks lisan dan tulisan.

C5. Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis keputusan pemasaran digital berdasarkan pertimbangan sosial, lingkungan dan budaya.

A2. Mahasiswa dapat berpartisipasi secara kolaboratif dalam kerja tim dan presentasi strategi dan evaluasi pemasaran digital.

Sumber Rujukan :
  1. Dave Chaffey & Fiona Ellis-Chadwick. 2019. Digital Marketing 7th Edition. Pearson: Prentice Hall
  2. Chuck Hemann & Ken Burbary. 2018. Digital Marketing Analytics (Making Sense of Consumer Data in Digital World). Pearson: Prentice Hall
  3. Philip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0 (Moving from Traditional to Digital). USA: Wiley.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM