Mata Kuliah Branding (5 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang bagaimana peran komunikasi dalam membangun citra (branding). Baik Branding institusi maupun branding yang berkaitan dengan komunikasi pemasaran yakni identitas merek (brand identity). Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan strategi antar media terpadu dan pesan dan konsep kreatif untuk mencapai khalayak target, dan mengantarkan janji merek (promise brand) melalui program komunikasi. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun struktur rencana program branding berdasarkan pada penerapan konsep, prinsip dan praktik dalam organisasi dan mampu untuk mengukur secara kritis mengevaluasi dampak dan hasil komunikasi dari sebuah program atau aktivitas branding.

Capaian Mata Kuliah :

1. Mampu menjelaskan konsep branding dan menganalisis masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi dunia komunikasi pemasaran dan public relations.

2. Menguasai konsep teoritis tentang branding dalam konsep komunikasi dan kehumasan serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah.

3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis situasi dunia komunikasi pemasaran dan kehumasan serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok

4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.


Sumber Rujukan :
  1. Diehl, Gregory V. 2017. Brand Identity Breakthrough: How to Craft Your Companys Unique Story to Make Your Products Irresistible. by Identity Publications.
  2. Neumeier, Marty.2005. The Brand Gap: How to Bridge the Distance Between Business Strategy and Design. Publisher by Neutron LLC. San Francisco.
  3. Weeler, Alina. 2013. Designing Brand Identity (four edition). Published by John Wiley & Sons, Inc. New Jersey.
  4. Aaker, David. 1997. Building Strong Brand. The Free Press: New York. 
  5. Aaker, David. 1999. Management Brand. The Free Press: New York. 
  6. A.B. Susanto dkk. 2004. Value Marketing, Paradigma Baru Pemasaran, Penerbit Quantum Bisnis & Manajemen (PT. Mizan Publikasi): Jakarta Selatan. 
  7. A.B. Susanto & Himawan Wijanarko. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dari Organisasi Pendukungnya. Mizan Media Utama: Bandung. 
  8. Darmadi Durianto: Sugiarto. Tony Simanjuntak. 2001. Strategi Menaklukan Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. 
  9. Fandy Tjiptono. 2005. Strategi Manajemen Brand. Andy: Yogyakarta. 
  10. Keller, Kevin Lane. 2005. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Manging Brand Equity. Pearson Prentice Hall.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM