Mata Kuliah Desain Kemasan (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah untuk menjelaskan dan menguasai keterampilan dalam merancang kemasan dan mengembangkannya dengan mempertimbangkan strategi pemasaran, isu-isu hukum, isu-isu lingkungan dan isu-isu global. Bahan kajian yang disampaikan adalah penguasaan merancang pola lipat, potong, layout warna, teks, grafis/gambar pada kemasan, membuat dummy (bentuk/ukuran asli 100%). Perkuliahan disapaikan dengan strategi teori dan praktek.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami konsep-konsep teoritis dalam membuat sebuah kemasan yang efektif, efisien, serta berdaya guna.
- Mahasiswa menguasai keterampilan dalam merancang desain kemasan serta mengembangkannya dengan mempertimbangkan strategi pemasaran, isu-isu hukum, isu-isu lingkungan dan isu-isu global.
- Mahasiswa memiliki rasa tangggungjawab, disiplin, mampu menghargai karya orang lain serta memahai etika dalam desain.
Sumber Rujukan :
- Klimchuck, M. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.
- Julianti, S. 2014. The Art of Packaging. Jakarta: Gramedia.
- Surianto. Rustan. 2009. Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- Wirya, Iwan. 1999. Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM