Mata Kuliah Desain Kemasan (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah untuk menjelaskan dan menguasai keterampilan dalam merancang kemasan dan mengembangkannya dengan mempertimbangkan strategi pemasaran, isu-isu hukum, isu-isu lingkungan dan isu-isu global. Bahan kajian yang disampaikan adalah penguasaan merancang pola lipat, potong, layout warna, teks, grafis/gambar pada kemasan, membuat dummy (bentuk/ukuran asli 100%). Perkuliahan disapaikan dengan strategi teori dan praktek.

Capaian Mata Kuliah :

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami konsep-konsep teoritis dalam membuat sebuah kemasan yang efektif, efisien, serta berdaya guna.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan dalam merancang desain kemasan serta mengembangkannya dengan mempertimbangkan strategi pemasaran, isu-isu hukum, isu-isu lingkungan dan isu-isu global.
  3. Mahasiswa memiliki rasa tangggungjawab, disiplin, mampu menghargai karya orang lain serta memahai etika dalam desain.

Sumber Rujukan :
  • Klimchuck, M. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.
  • Julianti, S. 2014. The Art of Packaging. Jakarta: Gramedia.
  • Surianto. Rustan. 2009. Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  • Wirya, Iwan. 1999. Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM