Mata Kuliah Komunikasi Periklanan (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah untuk menguasai teori komunikasi periklanan meliputi proses komunikasi periklanan; regulasi dalam periklanan, analisis situasi dan target sasaran; budgeting, dan pemilihan media. Pemahaman terhadap dasar-dasar komunikasi periklanan komersial dan non komersial; dinamika perkembangan iklan cetak maupun digital dari agensi periklanan. Melakukan kajian iklan dan budaya, ranah komunikasi kreatif periklanan, strategi komunikasi iklan, mendalami khalayak sasaran, strategi media periklanan, creative brief, dan berbagai konsep periklanan. Perkuliahan disampaikan dengan strategi diskusi dan penelusuran pustaka.

Capaian Mata Kuliah :
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik melalui sikap apresiatif terhadap karya-karya periklanan
  • Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur bidang komunikasi periklanan komersial maupun non komersial
  • Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam mengidentifikasi dinamika komunikasi periklanan
  • Mampu mengkaji karya desain komunikasi periklanan dengan pendekatan teoretik dan kontekstual dalam konteks kekinian
Sumber Rujukan :
  • Moriarty, Sandra, dkk. 2011. Advertising . Jakarta: Kencana.
  • Palupi, Hastono D. 2006. Advertising that Sells . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  • Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising . Jakarta: Elex Media Komputindo

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM