Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah inimemberikan pemahaman tentang bagaimana menilai kelayakan insvestasi yangdilakukan suatu organisasi memberikan manfaat atau tidak dengan menilai segiaspek pasar dan pemasaran, aspek teknis/operasi, aspek sumber daya manusia,aspek keuangan, aspek hukum, aspek ekonomi dan sosial, dan analisis dampaklingkungan hidup (amdal). Metode pembelajaran yang digunakan adalah observasilapangan ke mitra bisnis.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu memahami konsep studi kelayakanbisnis.
  2. Mampu menilai kelayakan suatu investasiditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, apsek teknis/operasional, aspeksumnber daya manusia, aspek keuangan, dan aspek pendukung (hukum danlingkungan) dengan iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh
  3. Mampu menyusun laporan studi kelayakansebagai dasar pertimbangan mengelola kegiatan entrepreneurial
  4. Mampu bekerjasama sertamemiliki karakter entrepreneur leadership dalam mengelola kegiatan usaha
Sumber Rujukan :
  • Purwohandoko, dkk. 2014.Studi Kelayakan Bisnis. Surabaya:UNIPRESS.
  • Umar, Husein. 2005.Studi Kelayakan Bisnis : Manajemen, Metode dan Kasus. Jakarta :Gramedia
  • Sucipto, Agus. 2010.Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan I.Malang : UIN Maliki Press4. Suliyanto. 2011.Studi Kelayakan Bisnis. Edisi I.Andi Publisher.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM