Mata Kuliah Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini berfokus kepada respon anak dan keluarga pada setiap tahap perkembangan dari neonatus sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien dan keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan aspek legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berpikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan. Pengalaman belajar dalam bentuk pembelajaran di kelas dan praktikum di laboratorium keperawatan.

Capaian Mata Kuliah :

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep keperawatan anak dalam konteks keluarga
  2. Melakukan simulasi asuhan keperawatan kepada anak sakit akut dan keluarganya, dengan mengembangkan pola pikir kritis, logis dan etis, menggunakan komunikasi terapeutik dan memperhatikan aspek budaya dan menghargai sumber-sumber etnik, agama atau faktor lain dari setiap pasien yang unik.
  3. Mampu mendemonstrasikan intervensi keperawatan baik mandiri maupun kolaborasi pada kondisi sehat maupun sakit akut dengan menerapkan konsep ilmu dasar keperawatan dan ilmu keperawatan dasar sesuai SOP serta menerapkan prinsip keperawatan anak (family centered care dan atrauma care), legal dan etis.
  4. Mampu memberikan simulasi pendidikan kesehatan kepada anak dan keluaga sebagai upaya pencegahan primer, sekunder dan tersier.
  5. Mampu menjalankan fungsi advokasi bagi anak dan keluarga berbagai yang mengalami gangguan untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya.
  6. Mampu melakukan kerja sama dengan sumber kesehatan yang ada di masyarakat, melakukan rujukan pasien, mendokumentasikan pengkajian MTBS dengan benar, mendemonstrasikan pengobatan MTBS, mendemonstrasikan pendidikan kesehatan pada anak dan keluarga


Sumber Rujukan :
  1. Hockenberry, M.J. & Wilson,D. 2013. Wong’s Essentials of Pediatric Nursing. 9th edition. Mosby: Elsevier Inc.
  2. Hockenberry, M.J. & Wilson,D. 2014. Wong’s Nursing Care of Infant and Children. 10th edition. Mosby: Elsevier Inc.
  3. Marcdante K.J., Kliegman R.M., Jenson H.B., Behrman R.E., IDAI. 2014 Nelson Ilmu KesehatanAnak Esensial, Edisi Indonesia 6. Saunders: Elsevier (Singapore) Pte Ltd.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM