Mata Kuliah Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini fokus pada pemenuhan kebutuhan keselamatan pasien serta kesehatan dan keselamatan perawat saat memberikan asuhan keperawatan klien. Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah keselamatan pasien dan mengatur lingkungan pelayanan keperawatan dalam pemberian asuhan keperawatan yang aman dari hazard dan risiko kesehatan di tempat kerja baik di dalam maupun di luar gedung. Konsep dasar kesehatan kerja diterapkan dalam setiap tahap proses keperawatan sejak pengkajian hingga evaluasi. Pembahasan ditekankan pada upaya mengenali hazard dan risiko serta berbagai upaya meminimalkannya pada setiap tahap proses keperawatan. Proses pembelajaran dilakukan melalui belajar berdasarkan pertanyaan/ question based learning (QBL), collaborative learning (CL), belajar berdasarkan kasus atau masalah/ case or problem based learning (CBL or PBL), klarifikasi narasumber melalui ceramah interaktif, dan role play.

Capaian Mata Kuliah :

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, bila dihadapkan pada kasus mahasiswa mampu merencanakan upaya meningkatkkan kesehatan dan keselamatan perawat dalam setiap tahap proses keperawatan sesuai standar kesehatan dan keselamatan kerja serta keselamatan pasien .

  1. Membedakan berbagai risiko dan hazard K3 dalam setiap tahap pemberian asuhan keperawatan
  2. Mengidentifikasi manajemen risiko K3 dalam keperawatan
  3. Mengidentifikasi upaya pencegahan penyakit akibat kerja dalam keperawatan
  4. Menentukan upaya pencegahan risiko dan hazard pada setiap tahap asuhan keperawatan meliputi tahap pengkajian, perencanaan, implementasi, dan evaluasi
  5. Menunjukkan praktik K3 individu selama proses pembelajaran seperti upaya memutus rantai infeksi, pencegahan bahaya fisik, radiasi, kimia, ergonomik, dan psikososiall
  6. Menganalisis konsep dan prinsip patient safety serta faktor-faktor yang mempengaruhinya


Sumber Rujukan :
  1. Philip, B 2007, Managing occupational and Safety: Mutidiciplinary approach, second ed., maccmillian Publhiser, Australia
  2. Undang Undang Kesehatan RI nomor 36 tahun 2009.
  3. Vincent, C. 2011. Essential Patient Safety.
  4. WHO.2011. WHO patient safety curriculum guide: multi-professional edition



© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM