Mata Kuliah Pendidikan Interprofesional (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kolaborasi lintas profesi berdasarkan konsep Interprofessional Education dan Interprofessional Collaboration, serta memberikan gambaran umum cara menjalin komunikasi yang berbudaya demi mewujudkan kolaborasi efektif dengan mitra di masyarakat. Dalam hal ini mahasiswa diberikan kesempatan melakukan praktik kolaborasi antara dua atau lebih profesi kesehatan dengan saling mempelajari peran masing-masing profesi kesehatan dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan kualitas pelayanan kesehatan. Pengalaman belajar dalam bentuk team based project di komunitas.


Capaian Mata Kuliah :

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, mahasiswa mampu:

  1. Memahami konsep dasar dan prinsip umum IPE-IPC
  2. Memahami kompetensi dan peran sebagai perawat dalam lintas profesi serta aplikasinya berdasarkan etika profesi.
  3. Memiliki softskill team work dalam kolaborasi.
  4. Menerapkan prinsip role and responsibility dalam kolaborasi lintas profesi.
  5. Menerapkan kemampuan komunikasi yang efektif antar profesi dalam menyampaikan argument.
  6. Memahami pentingnya peran social budaya dalam melakukan pendekatan ke masyarakat.
  7. Memahami pentingnya character building yang menunjang kolaborasi.
  8. Mampu mengembangkan karakter diri sesuai konsep IPE-IPC
Sumber Rujukan :
  1. Cuff, P. A. (2013). Interprofessional education for collaboration: Learning how to improve health from interprofessional models across the continuum of education to practice: Workshop summary. Washington, D.C.: The National Academies Press.
  2. Forman, D. (2014). Leadership development for interprofessional education and collaborative practice. Basingstoke: Palgrave Macmillan.
  3. Forman, D., Jones, M., & Thistlethwaite, J. (2015). Leadership and collaboration: Further developments for interprofessional education. Houndsmills, Basingstoke, Hampshire: Palgrave Macmillan.
  4. Nelson, S., Tassone, M., & Hodges, B. D. (2014). Creating the health care team of the future: The Toronto model for interprofessional education and practice. Ithaca: ILR Press, an imprint of Cornell University Press.
  5. Reeves, S., Lewin, S., Espin, S, et al (2010) Interprofessional teamwork for health and social care. Oxford: Wiley-Blackwell.
  6. Freeth, D. (2005). Effective interprofessional education: Development, delivery and evaluation. Oxford: Blackwell Pub.
  7. Ovretveit, J., Mathias, P., & Thompson, T. (2002). Interprofessional working for health and social care. London: Palgrave
  8. World Health organizations, (2010). Framework for Action on Interprofessional Education Collaborative and Practice, http://www.who.int/hrh/nursing_midwifery/en/
  9. Zoriah Azis, (2011). Social and behavioral Sciense: The attitude of medical, Nursing and Pharmacy Students tro Inter-Prfessional Learning, 639-645

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM