Mata Kuliah Manajemen Humas (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Kajian tentang konsep dasar manajemen hubungan masyarakat, media humas, komunikasi, public relation, kegiatan-kegiatan humas, dan implementasi manajemen humas dan pemasaran dalam dunia Pendidikan. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi dan diskusi, pemberian informasi, telaah kritis jurnal, observasi lapangan/kunjungan akademik di lembaga pendidikan yang sudah maju/unggul, presentasi hasil observasi dan melakukan refleksi bersama
Capaian Mata Kuliah :
    1. Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang manajemen hubungan masyarakat dan menyelesaikan masalah-masalah yang terkait manajemen hubungan masyarakat baik secara teoretis maupun praktis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
    2. Menguasai konsep teoretis tentang manajemen hubungan masyarakat secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
    3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok terkait manajemen hubungan masyarakat
    4. Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, memiliki pemahaman dan pengalaman dalam bekerjasama, kepedulian dan toleransi dalam menguasai konsep dasar humas secara teoritik dan praktik dalam mengimplementasikan pelayanan prima berdasar kemampuan dalam berkomunikasi dengan masyarakat secara efektif ditunjang personality development public relation yang handal dan terampil dalam merancang program-program humas dalam kerangka strategi pemasaran jasa pendidikan berbasis education entrepreneurship.
Sumber Rujukan :
  1. Cutlip, Scott M., Allen H. C, & Glen . M. Broom. 2000. Effective Public Relation. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall.
  2. Davis, A. 2005. Everything You Should Know About Public Relations. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
  3. Effendy, M. 2010. Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. Malang. UMM Press.
  4. Grant, Carl. A. 1979. Community Participation in Education: School and the Symbolic uses of Community Participation . Boston. Allyn and Bacon, Inc.
  5. Gorton, R. A. 1976. School Administration. Dubuque, Lowa: Wm C. Brown Company Publisher.
  6. Handerson, A. 2002. A New Wave of Evidence: Family and Community Connection with School . Texas: Southwest Educational Development Library.
  7. Hoy, W.K. dan Cecil, C.G. 2001. Educational Administration: Theory, Research and Practice 6th ed. New York: Mc Graw Hill.
  8. Kasali, R. 1994. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasi di Indonesia, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
  9. Keith, S. dan Girling, R.H. 1991. Educational, Management, and Participation: New Directions in Educational Administration. Boston: Allyn and Bacon.
  10. Kowalski, Theodore J. 2004. Public Relations in School . New Jersey: Pearson, Merrill Prentice.
  11. Leslie.W.K, Bagin Don, and Donald R.G.1984. The School and Community Relations 3rd Edition. Englewood Cliffs, N.J: Prentice Hall.
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah
  13. Rahmat, A. 2016. Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
  14. Rosady R. 2001. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya , Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
  15. Unruh, A. & Willer, R.A. 1974. Public Relations for School. Belmont California: Liar Siagler Inc./Fearon Publishers.
  16. Zulkarnain N, Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan, Konsep, Fenomena, Dan Aplikasinya , (Malang: UMM Press, 2006).
  17. Referensi lainnya yang relevan.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM