Mata Kuliah Manajemen Peserta Didik (3 SKS)
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar manajemen peserta didik, perencanaan manajemen peserta didik, ppdb, orientasi peserta didik baru, kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik, pengelompokan peserta didik, evaluasi hasil belajar peserta didik, sistem tingkat dan non-tingkat peserta didik, mutasi dan drop out peserta didik, kode etik, pengadilan, hukuman dan disiplin peserta didik serta problematika di lembaga pendidikan, penyelesaian masalah melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya jawab, pemberian tugas dan praktik, secara keseluruhan dengan bantuan media presentasi dan penggunaan laptop/PC serta kunjungan lapangan.
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa:
1. Menguasai konsep dasar Manajemen Peserta Didik (Kesiswaan) pada bidang Manajemen Pendidikan;
2. Memahami proses pengelolaan peserta didik meliputi PPDB, Orientasi, Kehadiran, Evaluasi Belajar, Mutasi dan Kode Etik peserta didik pada bidang Manajemen Pendidikan;
3. Terampil menganalisis masalah teknis dalam Manajemen Peserta Didik pada bidang Manajemen Pendidikan;
4. Bertanggung jawab menerapkan etika dan prinsip Manajemen Peserta Didik dalam mengelola kesiswaaan dan mengambil keputusan pada bidang Manajemen Pendidikan.
- Jones, N. 1989. School Management and Pupil Behaviour. Lewes: The Falmer Press.
- McNamara, E. 1988. Positive Pupil Management and Motivation. New York: David Fulton Publisher.
- Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Imron, A. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler. Jakarta: Direktorat Pembinaan SD Ditjen Dikdas Kemendikbud.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM