Mata Kuliah Pemasaran Jasa (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Dalam perkembangan bisnis global mengindisikasikansemakin pentingnya sektor jasa dan bahkan iklim persaingan pasar semakin pesat,sehingga jasa dapat menjadi salah satu senjata potensial untuk keunggulanbersaing yang berpengaruh terhadap pencapaian kepuasan dan loyalitas konsumen.Mata kuliah ini menjelaskan bahwa jasa memiliki sifat berbeda dengan barang danperbedaan ini menghasilkan tantangan manajemen yang berbada pula bagi badanusaha ketika menawarkan produk. Tantangan ini bertalian dengan aktivitas yangmenentukan kualitas jasa, merancang jasa, mengkomunikasikan dan membangun citrajasa, menyesuaikan diri dengan fluktuasi permintaan, memuaskan konsumeninternal, menentukan harga dan mengorganisasi perusahaan jasa; sehingga badanusaha dapat mengembangkan strategi dan taktik jasa yang superior . Perkuliahan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu menelaah secara cermat teori-teori bidang Pemasaran Jasa.
  2. Mahasiswa mampu menilai secara tepat kesesuaian praktik-praktik Pemasaran Jasa dengan teori.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran Pemasaran Jasaa
Sumber Rujukan :
  1. Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo Bitner, 2000, Services Marketing, Integrating Customer Focus Across the Firm , Second Edition, International Editio,.McGraw-Hill Companies Inc., Boston.
  2. Lovelock, Christopher & Laurent Wright, 2002, Principles of Services Marketing an Management, second Edition,International Edition, Pearson Education International, Inc., Prentice Hall,New Jersey.
  1. Fandy Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa , Edisi Pertama. Bayumedia Publishing,
  2. Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani,2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM