Mata Kuliah Perilaku Konsumen (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini mengkaji konsep dasar perilaku konsumen terkait dengan faktor-faktoryang mempengaruhi, model perilaku konsumen, konsep kepuasan dan loyalitas konsumen,pendorong kepuasan konsumen, motivasi dan kebutuhan, kepribadian dan gaya hidup,tahap-tahap pengolahan informasi dan persepsi konsumen, proses belajar konsumen,pengetahuan dan sikap konsumen, factor lingkungan yang mempengaruhi proseskeputusan pembelian Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah bervariasi,diskusi, observasi pasar dan pembelajaran Jig Saw.
Capaian Mata Kuliah :
- Mahasiswa mampu menelaah secara cermat teori-teori perilaku konsumen.
- Mahasiswa mampu mengaitkan secara tepat teori-teori perilaku konsomen dengan strategi pemasaran.
- Mahasiswa mampu menunjukkan karakter Iman, cerdas, dan jujur di dalam kegiatan pembelajaran perilaku konsumen.
Sumber Rujukan :
- Engel, James F.Roger D. Blackwell dan Paul W Miniard, 2006, PerilakuKonsumen, (AlihBahasaBudi Janto), Jilid I, EdisiKeenam, Binarupa.Aksara,JakartaBarat.
- J. Paul Peter & Jerry C Olson. 2008. Consumer behavior and marketing strategy 8th edition. New York :McGrawHill.
- Ujang Sumarwan, 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
- Setiadi, Nugroho.2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran . Persada Media. Jakarta timur.
- Irawan, Handi.2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan . PT Media Komputindi Jakarta.
- Amirulloh. 2002. Perilaku Konsumen . Graha Ilmu, Yogyakarta.
- Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen . Refika Aditama Bandung.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM