Mata Kuliah Psikologi Industri (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
  • Mata kuliah psikologi industri membahas tentang aspek keperilakuan individu dan interaksinya antar individu di dalam kelompok pada suatu organisasi. Pembahasan mata kuliah ini menekankan pada level individu dan kelompok yang nantinya akan berdampak pada aktivitas organisasi dari aspek keperilakuan. Dalam mata kuliah ini mengakaji topik-topik yang meliputi motivasi,reward dan punishment, komunikasi dalam kolompok, konflik, dan model pengambilan keputusan dalam organisasi. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam mata kuliah ini dengan menggunakan pendekatanStudent Centred Learning(SCL) di mana mahasiswa menjadi subjek pembelajaran yang diharapkan mereka lebih aktif dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran dengan menerapkanProblem Based Learning(PBL) dengan mencari dan menganalisis kasus-kasus yang terjadi di dalam organisasi dengan menggunakan pendekatan teori dan hasil kajian empiris yang relevan.


  • Industrial psychology discusses aspects of individual behavior and their interactions between individuals in groups in an organization. The discussion of this course emphasizes the level of individuals and groups which will later have an impact on organizational activities from behavioral aspects. This course examines topics that include motivation, reward, and punishment, communication in groups, conflict, and decision-making models in organizations. The learning method applied in this course uses the Student-Centered Learning (SCL) approach in which students become subjects of learning that are expected to be more active in the learning process. The learning strategy is Problem Based Learning (PBL) by finding and analyzing cases that occur within the organization by using a theoretical approach and the results of relevant empirical studies.
Capaian Mata Kuliah :
    1. Mahasiswa mampu mengonsepkan teori Psikologi Industri secara fungsional.
    2. Mahasiswa mampu mendiskusikan secara antusias aspek-aspek psikologis perilaku individu.
    3. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas, teliti, dan tangguh dalam kegiatan pembelajaran Psikologi Industri.


    1. Students can conceptualize Industrial Psychology theory functionally.
    2. Students can discuss enthusiastically the psychological aspects of individual behavior.
    3. Students can show an intelligent, conscientious, and resilient character in Industrial Psychology learning activities
    Sumber Rujukan :
    • Kowalski. 2010. Psychology, Sixth Edition. Higher Education
    • Munandar, AsharSunyoto. 2011. Psikologi Industri danOrganisasi. Jakarta : Universitas Indonesia
    • Weiner. 2012. Handbook of Psychology, Second Edition. Professional Development
    • Stephen R Covey. 2001. The 7 Habits of Highly EffectivePeople (edisi bahasa indonesia). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

    © 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM