Mata Kuliah Bahasa Pemrograman (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini bertujuan utama untuk mengajarkan konsep-konsep dasar serta teknik untuk membuat program komputer menggunakan paradigma berorientasi obyek. Peserta kuliah akan dikenalkan sejarah bahasa pemrograman serta evolusi bahasa pemrograman, diajarkan konsep dasar pemrograman, pengertian algoritma flow cart, dan pseudo code, dan pemrograman berorientasi objek. Materi meliputi tipe data, pengenalan Object dan Class, Inheritance, GUI, mengenal jenis fungsi, I/O Stream, dan pembuatan project pemrograman berorientasi object.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, khususnya pada bidang techno-eco-entrepreneur Mathematics.
  4. Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian, termasuk terhadap lingkungan.
  5. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan serta mencegah plagiasi.
  7. Menguasai dasar-dasar komputasi dan menerapkannya dalam sistem Bio-Mathematics
  8. Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis/berpikir secara terstruktur terhadap permasalahan matematis dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan dan mengintepretasikannya serta mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis dengan tepat dan jelas.
  9. Mampu menerapkan konsep dan prinsip managerial yang didukung oleh soft-competence dalam bidang techno-eco-entrepreneur Mathematics
Sumber Rujukan :
  1. Mastrodomenico, R. 2022. The Python Book . John Wiley & Sons.
  2. Horstmann, C. S. 2020. Python for Everyone (3rd Edition) . John Wiley & Sons.
  3. Griffiths, D. F. & Higham, D. J. 2016. Learning Latex (Second Edition ) . SIAM-Society for Industrial and Applied Mathematics
  4. Jørgensen, K.E., Dahl, S.A. 2021. Python Programming: A Visual Journey for The Beginner with Simple Applications in Mathematics . Kaareskokebok.
  5. Severance, C. R. 2016. Python for Everybody: Exploring Data Using Python 3 . CreateSpace Independent
  6. Datta, D. 2017. LaTeX in 24 Hours: A Practical Guide for Scientific Writing . Springer

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM