Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mengkaji pemahaman tentang peranan penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran, berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai tipe soal yang baik beserta rublik penilaiannya. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrumen penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar,disajikan secara teoritis, workshop, penugasan dan praktek.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu bertindak sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme yang tinggi.
  2. Mampu menguasai konsep, prinsip, dan prosedur asesmen dalam pembelajaran Akuntansi yang berorientasi pada standar penilaian.
  3. Mampu merencanakan dan menyelesaikan permasalahan assesmen dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.
  4. Mampu mengevaluasi ketuntasan belajar peserta didik berdasarkan hasil analisis hasil belajar peserta didik.
  5. Mampu menggunakan software analisis butir soal untuk menganalisis hasil belajar didik.




Sumber Rujukan :
  • Arends, RichardI. 2004.Guide toFieldExperiences andPortofolio Development:to accompany;learningto teach.NewYork:McGraw-HillBookCompany.
  • Arikunto,Suharsimi. 2006.Dasar-dasarEvaluasiPendidikan(edisirevisi )cet. 6. Bumiaksara: Jakarta
  • Brookhart,Susan M. 2010.How to AssessHigher-OrderThinking Skillsin Your Classroom.Alexandria:ASCD. 4. Departemen Pendidikan Nasional.KurikulumSMP1984, 1999, 2004, 2006 dan 2013,Jakarta
  • Examination andEvaluation in Education. NewDelhi:Common wealth. 6. GlencoeSeries. 2001.Performance Assessmentin The ScienceClassroom.NewYork: McGraw-Hill Company.
  • Gronlund,N. E. 1980.Construction AchievementTest. NewJersey: Prentice HallInc
  • Gronlund,N. E. 1991.How to WriteanduseInstructionalObjective. New Jersey:Prentice Hall Inc
  • Supranata,Sumarna,2004.Analisis,Validitas,Reliabilitas danInterpretasi HasilTes10.ImplementasiKurikulum 2004.PT. Remaja Rosdakarya,Bandung.
  • Johnson,David W. andJohnson,RobertT. 2002.MeaningfulAssessment Manage able and CooperativeProcess.Boston:Allyn and Bacon.
  • Kubiszyn,Tom/I. Borich,Gary. 2007.Educational Testingand Measurement: Classroom Application andPractice.New Jersey:John Wiley & Sons.
  • Linn,R. I. Gronlund,N. E. 1995.Measurement andAssessmentinTeaching.Ohio:Merril.
  • Rani,T. Swarupa. 2004.Educational Measurementand Evaluation. NewDelhi:DPH.
  • Permendiknas No. 53 tahun 2015 tentang penilaian.
  • Arends, RichardI. 2004.Guide toFieldExperiences andPortofolio Development:to accompany;learningto teach.NewYork:McGraw-HillBookCompany.
  • Arikunto,Suharsimi. 2006.Dasar-dasarEvaluasiPendidikan(edisirevisi )cet. 6. Bumiaksara: Jakarta
  • Brookhart,Susan M. 2010.How to AssessHigher-OrderThinking Skillsin Your Classroom.Alexandria:ASCD. 4. Departemen Pendidikan Nasional.KurikulumSMP1984, 1999, 2004, 2006 dan 2013,Jakarta
  • Examination andEvaluation in Education. NewDelhi:Common wealth. 6. GlencoeSeries. 2001.Performance Assessmentin The ScienceClassroom.NewYork: McGraw-Hill Company.
  • Gronlund,N. E. 1980.Construction AchievementTest. NewJersey: Prentice HallInc
  • Gronlund,N. E. 1991.How to WriteanduseInstructionalObjective. New Jersey:Prentice Hall Inc
  • Supranata,Sumarna,2004.Analisis,Validitas,Reliabilitas danInterpretasi HasilTes10.ImplementasiKurikulum 2004.PT. Remaja Rosdakarya,Bandung.
  • Johnson,David W. andJohnson,RobertT. 2002.MeaningfulAssessment Manage able and CooperativeProcess.Boston:Allyn and Bacon.
  • Kubiszyn,Tom/I. Borich,Gary. 2007.Educational Testingand Measurement: Classroom Application andPractice.New Jersey:John Wiley & Sons.
  • Linn,R. I. Gronlund,N. E. 1995.Measurement andAssessmentinTeaching.Ohio:Merril.
  • Rani,T. Swarupa. 2004.Educational Measurementand Evaluation. NewDelhi:DPH.
  • Permendiknas No. 53 tahun 2015 tentang penilaian.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM