Mata Kuliah Membaca Jawa (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian dan praktik berbagai keterampilan membaca teks beraksara Latin dan Jawa untuk peningkatan ketrampilan berbahasa serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliah ini disajikan dengan sistem tugas, praktik, diskusi dan presentasi, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai praktik membaca teks beraksara Latin dan Jawa untuk peningkatan ketrampilan berbahasa serta penerapannya dalam rangka meningkatkan kompetensi membaca dalam pembelajaran membaca Jawa di sekolah.
  2. Menguasai konsep teoretis tentang keterampilan membaca, serta mampu memformulasikan dalam penyelesaian berbagai permasalahan peningkatan kompetensi pembelajaran membaca Jawa di sekolah secara prosedural.
  3. Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelesaian dan pemecahan permasalahan peningkatan kompetensi pembelajaran membaca Jawa di sekolah
  4. Memiliki sikap bertanggungjawab pada kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pemecahan berbagai masalah dalam pembelajaran praktik membaca Jawa di sekolah.
Sumber Rujukan :
  1. Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis. Pengantar Menulis Ilmiah dalam Tulisan Latin dan Jawa. Surabaya: Bintang Syurabayas.
  2. Riyadi, Slamet. 1996. HA-NA-CA-RA-KA (Kelahiran, Penyusunan, Fungsi, dan Makna. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.
  3. Sumardi, Muljanto. 1992. Berbagai Pendekjatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar harap
  4. Suparno dan Mohamad Yunus, 2008. Keterampilan Menulis. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM