Mata Kuliah Menulis Jawa (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian berbagai keterampilan menulis teks beraksara Latin dan Jawa untuk peningkatan keterampilan berbahasa serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliah ini disajikan dengan system tugas, praktik, diskusi dan presentasi, serta refleksi.

Capaian Mata Kuliah :

1. Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai praktik menulis teks beraksara Latin dan Jawa untuk peningkatan ketrampilan berbahasa serta penerapannya dalam rangka meningkatkan kompetensi pembelajaran menulis Jawa di sekolah.

2. Menguasai konsep teoretis tentang keterampilan menulis, serta mampu memformulasikan dalam penyelesaian berbagai permasalahan peningkatan kompetensi pembelajaran menulis Jawa di sekolah secara prosedural.

3. Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi dalam penyelesaian dan pemecahan permasalahan peningkatan kompetensi pembelajaran menulis Jawa di sekolah.

4. Memiliki sikap bertanggungjawab pada kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pemecahan berbagai masalah dalam pembelajaran praktik menulis Jawa di sekolah.

Sumber Rujukan :
Abidin,Yunus. 2012. Pembelajaran Berbahasa Berbasis Pendidikan Karakter . Bandung: Refika Aditama Endraswara, Suwardi. 2008. Sanggar Sastra Jawa . Jogjakarta: Ramadhan Press Keraf, Gorys. 1988. Komposisi . Ende Flores: Nusa Indah. Keraf. Gorys. 1992. Argumentasi dan Narasi . Jakarta: Gramedia. Kosasih.2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya. Parera, Jos Daniel. 1987. Belajar Mengemukakan Pendapat . Jakarta: Erlangga. Padmosoekotjo, 1986.Wewaton Panulise Aksara Jawa.Surabaya: Citra Jaya Murti Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM