Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Membantu tentang peran penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai inti persoalan yang baik beserta rubrik penilaiannya. konsep dasar assesmen autentik, alternatif dan penilain berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrument penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar. Perkuliahan disajikan secara teoritis, workshop, penugasan dan praktik.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan TIK dan softwre analisis butir soal untuk menganalisis hasil belajar siswa
  2. Menguasai konsep prinsip, dan prosedur asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar yang beroroentasi pada standar penilaian.
  3. Merencanakan dan menyelesaikan permasalahan asesmen dalam pembelajaran sekolah dasar dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.
  4. bertanggungjawab atas pencapaian hasil pembelajaran assesmen dalam pembelajaran sekolah dasar dan kinerja diri maupun kelompok.
Sumber Rujukan :
  • Arends, Richardl. 2004. Guide to Field Experiences and Protofolio Development: to accompany; learning to teach . New Tork: McGraw-Hill Book Company.
  • Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi revisi cetakan 6. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Brookhart, Susan M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Jakarta: Depdiknas
  • George, David. 2005 Examination and Evaluation in education. New Dehli: Common Wealth6.
  • Glencoe Series. 2001. Performance Assesment in The Science Classsroom. New York: McGraw-HIll Company.
  • Gronlund, N. E. 1980. Construction Achievement Test. New Jersey: Prentince Hall Inc.
  • Gronlund, N. E. 1991. How to Write and use Instructional Objective. New Jersey: Prentice Hall Inc.
  • Supranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reabilitas dan Interpretasi Hasil Tes10. Bandung: PT. remaja Rosdakarya
  • Johson, David W. and Johnson, robert T. 2002. Meaningful Assesment Manage able and Cooperative Process. Boston: Allyn and Bacon.
  • Linn, R. I. Gronlund, N. E. 1995. Measurement and Assesmenting teaching. Ohio: Merril.
  • Rani, t. Swarupa. 2004. Educational Measurement and Evaluation. New Dehli: DPH.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM