Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran ABK (4 SKS)
Mata kuliah ini akan mengkaji secara mendalam filosofi, konsep, prinsip, landasan, dan jenis layanan pendidikan inklusif serta nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia.
Mata kuliah juga membahas implementasi pembelajaran yang inklusif untuk semua siswa di semua jenjang, jenis dan satuan pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial disabilitas serta memiliki pola pikir yang inklusif.
Perkuliahan dilaksanakan melalui diskusi, kajian literatur, analisis video penerapan terbaik pendidikan inklusif, proyek kelompok, dan proyek individu.
1. Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait pendidikan inklusif dan mengomunikasikannya;
2. Menguasai secara mendalam konsep teoritis filosofi, konsep, prinsip, landasan, dan jenis layanan pendidikan inklusif serta nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia;
3. Mampu merencanakan dan merancang Individualized Education Program peserta didik berkebutuhan khusus berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus;
4. Mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemahaman Mengimplementasikan kebijakan dan praktik pembelajaran yang inklusif dengan memperhatikan kearifan lokal;
5. Memiliki kepekaan terhadap pentingnya perubahan sikap dan pribadi untuk mempromosikan kolaborasi dalam mendukung suksesnya pendidikan inklusif dan mewujudkan tanggung jawab sebagai guru pendidikan khusus.
- Budiyanto. 2018. Pendidikan Inklusi Berbasis Budaya Lokal. Jakarta:
- Carrington. Suzanne, and Macarthur, Jude, Ed. 2012. Teaching In Inclusive School. John Wilay & Sons Australia, Ltd
- Gargiulo, RM 2012, Special Education in Contemporary Society: an Introduction to Exceptionality, 4th ed, Sage Publications, Inc., USA. 2016. Switzerland: Springer International Publishing
- Grech, Shaun. Disability in the Global South.
- Kementrian Pendidikan Nasional. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Kerjasama Kementrian Australia- Indonesia.
- Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Salend. Spencer J. 2011. Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practice, Seven Edition. Boston: Pearson Education Inc
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM