Mata Kuliah Lesson Study (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengkaji penerapan penelitian tindakan kelas dan lesson study dalam pendidikan ekonomi, yang meliputi: pengembangan latar belakang permasalahan dan perumusan masalah penelitian, penentuan kajian teoritik dan empirik untuk membahas variabel penelitian, menentukan metode penelitian, subyek penelitian, instrumen pengumpulan data, analisis data dan interpretasi hasil penelitian, serta menentukan kesimpulan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan lesson study dalam pendidikan ekonomi.

Capaian Mata Kuliah :
    1. · Mampu menerapkan IPTEKS dalam memahami pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan lesson study dalam pendidikan ekonomi.
    2. · Menguasai konsep dasar dan hakikat penelitian tindakan kelas dan lesson study dalam pendidikan ekonomi yang meliputi: pengembangan latar belakang dan perumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas dan lesson study, pengembangan kajian teori dan empirik, menentukan metode dan instrumen pengumpulan data serta analisis data, menganalisis data penelitian serta menyimpulkan hasil penelitian tindakan kelas dan lesson study dalam pendidikan ekonomi.
    3. · Mampu mengambil keputusan dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas dan lesson study, untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pendidikan ekonomi.
    4. · Bertanggung jawab dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dan lesson study untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dan hasil belajar mahasiswa dalam bidang pendidikan ekonomi.
    Sumber Rujukan :

      1. Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

      2. Elliot, John. 2002. Action Research For Educational Change . Philadelphia: Open University Press

      3. Fernandez, C., Yoshida, M. (2004). Lesson Study: A Japanese Approach to Improving Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence

      4. Hopkins, David. 2003. A Teacher Guide To Classroom Research . Buckingham: Open University Press.

      5. Hendayana, dkk. 2007. Lesson study suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidik. Bandung: UPI Press

      6. Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengambangan Profesi Pendidik . Jakarta; Rajagrafindo Persada.

      7. Lewis, Catherine C. (2002). Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change . Philadelphia: Research Future Better Schools, Inc.

      8. Syamsuri, I dan Ibrohim. 2008. Lesson Study: Studi Pembelajaran . Malang: FMIPA UM

      9. Susilo, H., dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayu Media

      10.Wiria Atmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas . Bandung; Remaja Rosdakarya.



      © 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM