Mata Kuliah Manajemen Pendidikan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan merupakan Mata Kuliah Dasar Ilmu Pendidikan dan wajib tempuh mahasiswa jurusan selingkung FIP Unesa. Matakuliah ini mengkaji berbagai aspek konsep dasar manajemen pendidikan secara umum, secara khusus di sekolah baik secara teoritik maupun praktik, permasalahan pendidikan yang dapat dipecahkan dengan manajemen pendidikan, fungsi manajemen pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penggerakan, pengawasan, juga substansi manajemen pendidikan yang meliputi manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen peserta didik, manajemen layanan khusus, manajemen sumber daya manusia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, manajemen humas, serta kepemimpinan dan supervisi pendidikan sebagai upaya untuk menggerakkan sumberdaya manusia sebagai penentu peningkatan mutu pendidikan. Perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka dengan menggunakan metode ceramah, presentasi, diskusi, dan kuis.

Capaian Mata Kuliah :

  • Mengaplikasikan bidang keahlian manajemen pendidikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan.
  • Menguasai teori dasar-dasar manajemen pendidikan secara mendalam dan mampu mengaplikasikannya sesuai kebutuhan dalam bidang pengelolaan/manajemen pendidikan.
  • Mengambil keputusan yang tepat yang berkaitan dengan ilmu manajemen pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  • Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami dasar-dasar manajemen pendidikan serta penerapan dalam konteks yang relevan.
Sumber Rujukan :
  1. Roesminingsih, Erny. 2015. Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Surabaya: FIP Unesa.
  2. Hoy, W. dan Miskel, C. 2005. Educational Administration: Theory, Research, and Practice 7th Edition. New York: McGray Hill.
  3. Siagian.1981. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
  4. Suryosubroto, 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press.
  6. Hamalik, O. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Hanson, E. M. 2003. Education Administration and Organizational Behavior 7th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.
  8. Kaluge, L. 2003. Sendi-Sendi Manajemen Pendidikan. Surabaya: Unesa Press.
  9. Luthans, F. 1989. Organizational Behavior 5th. United State: McGraw-Hill, Inc.
  10. Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A Redefinition (8th Ed.). New York: McGraw Hill.
  11. Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: UM Press.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM