Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah metodologi merupakan mata kuliah pengetahuan teoritik dan praktis mengenai konsep dasar penelitian, masalah penelitian, hipotesis, variabel, menentukan & menyusun instrumen, teknik pengumpulan data, analisis data, dan etika penulisan karya ilmiah. Selain itu, mahasiswa dapat mengembangkan mengembangkan proposal penelitian, dan mensimulasikan. Hasil akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk menelusuri data/informasi dalam rangka menemukan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan metodologi penelitian.
  2. Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep dasar metodologi penelitian.dalam konteks praktis.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam pembelajaran dan permasalahan pendidikan serta dapat memberikan solusi melalui penulisan karya ilmiah.
  4. Memiliki sikap dan prilaku yang jujur serta bertanggung jawab dalam melaksanakan mengembangkan proposal penelitian untuk memperbaiki mutu pembelajaran di sekolah dasar.
Sumber Rujukan :
  • John Creswell. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  • Rochiati Wiriaatmadja. 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Syofian Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  • Conseulo G. Sevilla, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press.
  • Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Priaktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Lexy J. Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
  • Suharsimi Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Sifuddin Azwar. 2014. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  • Jack R. Fraenkel dan Norman E. Wallen. 2003. How To Design And Evaluate Research Education. New York: McGrill-Hill.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM