Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang keterampilan merencanakan, melaksanakan, dan mengelola, serta mengevaluasi pembelajaran IPA di SD dengan memanfaatkan pengetahuan tentang materi IPA di SD, metodologi pembelajaran, dan penilaian otentik secara mandiri dan penuh tanggungjawab dengan memanfaatkan TIK.


Capaian Mata Kuliah :

1. Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep esensial mata pelajaran IPA di SD dan pembelajarannya termasuk miskonsepsinya serta strategi mengatasinya

2. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada bidang studi IPA di sekolah dasar.

3. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur asesmen dalam pembelajaran IPA yang berorientasi pada standar penilaian

4. Membuat keputusan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karaktristik siswa

5. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran IPA untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

Sumber Rujukan :

1. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

2. Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi.

3. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.

4. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

5. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

6. Anderson, Lorin W & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. A Bridged Adition . New York: Addison Wesley Longman.

7. Arends, Richard I. (2012). Learning To Teach sixth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.

8. Buku Guru dan Buku Siswa sesuai kurikulum yang berlaku.

9. Hosnan. 2014. Pendekatan Sainstifik dan CTL dalam Abad 21. …: Ghalia Indonesia.

10. Ibrahim, Muslimin. (2012). Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press.

11. Ibrahim, Muslimin. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unipress.

12. Ibrahim, Muslimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan.

13. Lawson, A. E. 1994. Science Teaching and the Development of Thinking . California: Wadsworth Publishing Company.

14. Peters. Joseph M., dan Stout, David L. 2006. Science in Elementary Education . Methods, Concepts, and Inquiries . Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

15. Suparno, P. 2002. Miskon s epsi dan Perubahan Konsep. Jakarta: PT.Grasindo.

16. Suryanti, Mintohari, Wahono Widodo. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Surabaya: Unesa Unipress.

17. Suryanti, Mintohari, Julianto, dan Farida Istianah. 2020. Pendidikan IPA di SD. Surabaya: Unesa Unipress.

18. Yuliati dan Djojosoediro, 2009. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Ditjen Dikti.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM