Mata Kuliah Pembelajaran Matematika di SD (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan pembelajaran konsep bilangan di Sekolah Dasar, meliputi operasi bilangan, nilai tempat, FPB, KPK dan pecahan, pembelajaran geometri dan pengukuran, serta pembelajaran pengolahan data di Sekolah Dasar, yang berbasis etnomatematika dan dengan pendekatan kontekstual dan PMRI. Proses pembelajaran berbasis proyek kelompok meliputi kegiatan yang mengeksplorasi konteks kultural terkait konsep pembelajaran matematika, baik secara individu maupun berkelompok, serta mendesain pembelajaran berbasis etnomatematika dengan pendekatan PMRI beserta simulasinya. Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas mandiri, tugas kelompok dan aktivitas kelas.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan pembelajaran konsep bilangan di Sekolah Dasar, meliputi operasi bilangan, nilai tempat, FPB, KPK dan pecahan, pembelajaran geometri dan pengukuran, serta pembelajaran pengolahan data di Sekolah Dasar, yang berbasis etnomatematika dan dengan pendekatan kontekstual dan PMRI. Proses pembelajaran berbasis proyek kelompok meliputi kegiatan yang mengeksplorasi konteks kultural terkait konsep pembelajaran matematika, baik secara individu maupun berkelompok, serta mendesain pembelajaran berbasis etnomatematika dengan pendekatan PMRI beserta simulasinya. Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas mandiri, tugas kelompok dan aktivitas kelas.
Capaian Mata Kuliah :
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, religius, dan berperilaku ilmiah (peduli, jujur, tanggung jawab, teliti, percaya diri, tekun, santun, menghargai orang lain, dan rasa ingin tahu) untuk memecahkan berbagai permasalahan matematika serta dalam kehidupan sehari-hari
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi matematika di Sekolah Dasar meliputi konsep teori pembelajaran konsep bilangan di Sekolah Dasar, meliputi operasi bilangan, nilai tempat, FPB, KPK dan pecahan, pembelajaran geometri dan pengukuran, serta pembelajaran pengolahan data di Sekolah Dasar.
- Menunjukkan kemampuan mendesain pembelajaran matematika di SD berbasis etnomatematika dengan pendekatan PMRI.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, menganalis, mengambil keputusan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan matematika
Sumber Rujukan :
- Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika . Bandung: Rosda.
- Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik . Banjarmasin: Tulip.
- Karim, Muchtar A, dkk. 2011. Pendalaman Materi Matematika Dasar . Malang: Universitas Negeri Malang.
- Kenedy, LM. Tapp S. 1994. Guiding Children’s Learning of Mathematic (7th) . California: Wodswith Publishing Company
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM