Mata Kuliah Pendidikan Steam di SD (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah Pendidikan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics ) di SD adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang salah satu tren pendidikan multidisiplin di sekolah dasar. Mata kuliah ini menggunakan dua pendekatan, berbasis proyek dan berbasis masalah. Di pertengahan semester awal, mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi permasalahan di masyarakat secara kritis, mencari dan menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan mengintegrasikan komponen pengetahuan STEAM. Di tengah semester terakhir, pola pengintegrasian yang telah mereka alami akan mereka gunakan untuk merancang desain aktivitas STEAM yang sederhana untuk siswa di sekolah dasar.
Mata kuliah Pendidikan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics ) di SD adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang salah satu tren pendidikan multidisiplin di sekolah dasar. Mata kuliah ini menggunakan dua pendekatan, berbasis proyek dan berbasis masalah. Di pertengahan semester awal, mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi permasalahan di masyarakat secara kritis, mencari dan menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan mengintegrasikan komponen pengetahuan STEAM. Di tengah semester terakhir, pola pengintegrasian yang telah mereka alami akan mereka gunakan untuk merancang desain aktivitas STEAM yang sederhana untuk siswa di sekolah dasar.
Capaian Mata Kuliah :
1. Menguasai pengertian konsep dan prinsip dari Pendidikan STEAM
2. Mengidentifikasi permasalahan yang muncul di masyarakat
3. Mengalami fase constructing explanation and designing STEAM solutions
4. Analisis Capaian Pembelajaran komponen STEAM tingkat SD
5. Merancang desain aktivitas pembelajaran di SD berbasis STEAM
6. Mengujicobakan rancangan desain aktivitas STEAM di SD
7. Melaporkan hasil implementasi rancangan desain aktivitas STEAM di SD
Sumber Rujukan :
Bush, S. B., & Cook, K. L. (2019). Step into STEAM, grades K-5: Your standards-based action plan for deepening mathematics and science learning . Corwin Press. Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran , 6 (2), 310-318. Khine, M. S. (2019). Steam education . Springer Berlin Heidelberg,. Kim, Y., & Park, N. (2012). The effect of STEAM education on elementary school student’s creativity improvement. In Computer applications for security, control and system engineering (pp. 115-121). Springer, Berlin, Heidelberg. Lu, Y. C., Liu, W. S., Wu, T. T., Sandnes, F. E., & Huang, Y. P. (2019, December). A Study of Problem Solving Using Blocks Vehicle in a STEAM Course for Lower Elementary Levels. In International Conference on Innovative Technologies and Learning (pp. 49-57). Springer, Cham. Martinez, J. E. (2017). The search for method in STEAM education . Springer International Publishing.Mun, J., & Shin, Y. (2018). The Effect of Science-centered STEAM Program on Science Positive Experience: Focused on the. Journal of Science Education , 42 (2), 214-229.Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Madaniya , 1 (3), 140-146. Quigley, C. F., Herro, D., King, E., & Plank, H. (2020). STEAM designed and enacted: Understanding the process of design and implementation of STEAM curriculum in an elementary school. Journal of Science Education and Technology , 29 (4), 499-518. Quigley, C. F., & Herro, D. (2019). An educators guide to steam: Engaging students using real-world problems . Teachers College Press. Ward, A. S. (2021). An Investigation of the Successful Implementation of Innovative Instructional Techniques in a Steam Elementary School: An Instrumental Case Study . Drexel University. Zubaidah, S. (2019, September). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).
Bush, S. B., & Cook, K. L. (2019). Step into STEAM, grades K-5: Your standards-based action plan for deepening mathematics and science learning . Corwin Press. Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran , 6 (2), 310-318. Khine, M. S. (2019). Steam education . Springer Berlin Heidelberg,. Kim, Y., & Park, N. (2012). The effect of STEAM education on elementary school student’s creativity improvement. In Computer applications for security, control and system engineering (pp. 115-121). Springer, Berlin, Heidelberg. Lu, Y. C., Liu, W. S., Wu, T. T., Sandnes, F. E., & Huang, Y. P. (2019, December). A Study of Problem Solving Using Blocks Vehicle in a STEAM Course for Lower Elementary Levels. In International Conference on Innovative Technologies and Learning (pp. 49-57). Springer, Cham. Martinez, J. E. (2017). The search for method in STEAM education . Springer International Publishing.Mun, J., & Shin, Y. (2018). The Effect of Science-centered STEAM Program on Science Positive Experience: Focused on the. Journal of Science Education , 42 (2), 214-229.Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Madaniya , 1 (3), 140-146. Quigley, C. F., Herro, D., King, E., & Plank, H. (2020). STEAM designed and enacted: Understanding the process of design and implementation of STEAM curriculum in an elementary school. Journal of Science Education and Technology , 29 (4), 499-518. Quigley, C. F., & Herro, D. (2019). An educators guide to steam: Engaging students using real-world problems . Teachers College Press. Ward, A. S. (2021). An Investigation of the Successful Implementation of Innovative Instructional Techniques in a Steam Elementary School: An Instrumental Case Study . Drexel University. Zubaidah, S. (2019, September). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM