Mata Kuliah Pengantar Computational Thinking (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian berpikir matematis dalam memecahkan masalah matematika mencakup proses pemecahan masalah, pemahaman, berbagai jenis penalaran, pemecahan dan pengajuan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pembuktian matematis. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).

Capaian Mata Kuliah :

1) Memiliki etika, kejujuran, serta sikap kritis dan terbuka dalam mengembangkan aspek-aspek berpikir matematis.

2) Mengembangkan pemahaman dalam berpikir matematis untuk menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan kredibel.

3) Memecahkan masalah-masalah Pendidikan Matematika menggunakan teori berpikir matematis.

4) Mengelola dan mengembangkan pemahaman berpikir matematis untuk mengambil keputusan.

Sumber Rujukan :
  1. Blitzer, R., & White, J. 2011. Thinking mathematically . Pearson Prentice Hall.
  2. Booker, G. 2005. Thinking mathematically–making sense and solving problems. The Mathematics Education into the 21th Century Project Universiti Teknologi Malayasia, Reform, Revolution and Paradigm Shift in Mathematics Education, Johor Bahru, Malaysia, Nov 25th-Des 1th .
  3. Carpenter, T. P., Franke, M. L., & Levi, L. 2003. Thinking mathematically: Integrating arithmetic and algebra in elementary school . Hanover Street, Portsmouth: Heinemann
  4. Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. 2011. Thinking mathematically . Pearson Higher Ed.
  5. Thompson, P. W., & Carlson, M. P. 2017. Variation, covariation, and functions: Foundational ways of thinking mathematically. Compendium for research in mathematics education , 421-456.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM