Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar (2 SKS)
Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar. Hal-hal yang akn dibahas dalam mata kuliah ini diantaranya adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara mengevaluasinya.
Keterampilan:
Mahasiswa mampu menunjukan kinerja dalam pengembangan bahan ajar yang memiliki muatan ke-SD an
Sikap:
Mahasiswa mampu memiliki komitmen dan tanggungjawab dalam melaksanakan dan mengembangkan bahan ajar untuk keperluan proses pembelajaran
1. Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview . Theory into Practice, (41) 4:212-26
2. Ernawulan Syaodih. 2007. Penilaian Pendidikan Dasar : Diktat perkuliahan Pendidikan Dasar SPs UPI Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
3. Depdiknas. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Pengetahuan Sosial SD-SMP . Pusat Perbukuan Depdiknas.
4. Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
5. Campbell-Smith, Shandy, dkk. 1994. Penulisan Bahan-Bahan Pelajaran Jakarta: Depdikbud .
6. Wahyudin, Dinn & Kartawinata, Handy. 1998. Penulisan Bahan Ajar . Jakarta: Depdikbud
7. Wijaya, Cece; Djadjuri, Djadja & Rusyan, Tabrani. 1990. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran . Bandung: Rosdakarya
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM