Mata Kuliah Pengembangan Dimensi IPS SD (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pendidikan IPS SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang IPS sebagai program pendidikan. Mata kuliah ini meliputi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, kedudukan dan peranan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS, muatan kompetensi dasar, materi dan tema pembelajaran IPS, dimensi pembelajaran IPS (pengetahuan, keterampilan, dan sikap), standar proses pembelajaran IPS SD, pemanfaatan media dan sumber pembelajaran IPS, penyusunan alat penilaian pembelajaran IPS SD. Mata kuliah ini dirancang melalui nuansa pembelajaran yang berorientasi proyek dan berberbasis aktivitas, pengembangan kemampuan berfikir ( High Order Thinking Skills ), menghasilkan produk/karya serta melalui kegiatan ekspositori, tanya jawab, diskusi, CTL, inkuiri, investigasi kelompok, serta berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).

Capaian Mata Kuliah :

Pengetahuan:

Mahasiswa mampu memamahi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, kedudukan dan peranan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS, dimensi- dimensi IPS, metodologi pembelajaran IPS, media dan sumber pembelajaran IPS SD, dan evaluasi pembelajaran IPS SD

Keterampilan:

Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran di SD dengan mengembangkan dimensi- dimensi IPS

Sikap:

Memiliki komitmen dan tanggungjawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Sumber Rujukan :

1. Ajiboye.O. Josiah. (2009) Beyond Cognitive Evaluation in Primary Social Studies in Botswana: Issues and Challenges. European Journal of Social Sciences. Volume 7, Number 4 (2009).

2. Bank, James A. (1990). TeachingStrategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making . Longman New York and London

3. Bisland, Beverly Milner. (2009). Two Traditions in the Social Studies Curriculum for the Elementary Grades: The Textbooks of Paul R. Hanna and Harold O. Rugg . Journal of Social Studies Research 33.2 (Fall 2009): 155-196. http://search.proquest.com.

4. Farris , Pamela J. 2015. Elementary and Middle School Social Studies : An Interdisciplinary, Multicultural Approach. Waveland Press

5. Goodman, J., & Adler, S. (1985). Becoming an elementary social studies teacher: A study of perspectives. Theory & Research in Social Education , 13 (2), 1-20.

6. Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu.

7. N. Supriatna, S. Mulyani, danA.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. BahanBelajarMandiriUniversitasPendidikan Indonesia. UPI Press Bandung.

8. Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya

9. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow’s World . Harcourt Brace College Publishers

10. Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.

11. Taba, H. (1967). Teachers handbook for elementary social studies.

12. Zhao, Y., & Hoge, J. D. (2005). What elementary students and teachers say about social studies. The social studies , 96 (5), 216-221.

13. Boyle-Baise, M., Hsu, M. C., Johnson, S., Serriere, S. C., & Stewart, D. (2008). Putting reading first: Teaching social studies in elementary classrooms. Theory & Research in Social Education , 36 (3), 233-255

14. Woolever, R and Scott, K.P. (1988). ActiveLearning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth . Scott, Foresman and Company Boston London.



© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM