Mata Kuliah Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mahasiswa menguasai konsep dan terampil dalam menyimak berbagai bahan simakan, berbicara berbagai jenis bicaraan, membaca berbagai macam wacana, dan menulis berbagai jenis tulisan dilandasi sikap yang religius, komitmen, tanggung jawab terhadap tugas, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bekerja sama dan mempunyai kepekaan social serta peduli, menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik semata-mata karena ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Capaian Mata Kuliah :
Pengetahuan:

Mahasiswa menguasai konsep menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Keterampilan:

1. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan, menjelaska n isi, menceritakan kembali dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulisan, dan mengikat makna/pesan/pelajaran berharga berbagai bahan simakan.

2. Mahasiswa mampu melakukan berbagai aktivitas berbicara dengan memperhatikan pelafalan dan intonasi, dengan jelas, dengan lancar, dan dengan percaya diri.

3. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan bacaan, menjelaskan isi bacaan, menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulisan, dan mengikat makna/pesan/pelajaran berharga dari teks bacaan melalui aktivitas membaca dengan berbagai metode.

4. Mahasiswa mampu melakukan aktivitas menulis dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam berbagai jenis tulisan dan cerita anak.

Sikap:

1. Mahasiswa mengembangkan sikap teliti/cermat saat melakukan aktivitas menyimak, berdiskusi, dan membaca.

2. Mahasiswa mengembangkan sikap saling menghargai saat berdiskusi dan menilai karya teman.

3. Mahasiswa mengembangkan sikap bekerja sama saat berdiskusi.

4. Mahasiswa mengembangkan sikap percaya diri saat presentasi dan unjuk kerja.

Sumber Rujukan :

Utama :

  1. Anderson, Sandra. 2004. The Book of Reading and Writing :Ideal, Tips, and Lists for the Elementary School . California: Corwin Press.
  2. Depdikbud. 1984/1985. Pendidikan Keterampilan Berbahasa , Buku Materi Pokok Berbicara. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
  3. Dipodjojo, Asdi S. 1982. Komunikasi Lisan . Yogyakarta: Lukman Offset.
  4. Keraf, Gorys. 1980. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
  5. Kirk, Kathy. 2001. Writing to Standards . California: Corwin Press.
  6. Lipson, M. Y. & Wixson, K. K. 1991 . Assesment Instruction of Reading Disability; An Interactive Approach . New York. Harper Colins Publishers Inc.
  7. McNeil, J. P. 1992. Readin g Comprehension . Los Angeles: Harper Colins Publishers Inc.
  8. Nio, Be Kim Hoa. 1980. Percakapan dan Diskusi . Jakarta: P3G Depdikbud
  9. Sukidi, Masengut. Dkk. 2004. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia . Surabaya: PGSD FIP UNESA.
  10. Tarigan, Henry Guntur. 1983. Berbicara sebagai Keterampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.
  11. Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran Menyimak . Bandung: Angkasa.
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.

Pendukung :

  1. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1990. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.


    © 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM