Mata Kuliah Penyusunan Laporan Program Wirausaha (4 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Membahas Hakekat dan konsep dasar kewirausahaan, Karakteristik, jiwa dan sikap entrepreneur, proses dan kompetensi kewirausahaan, tujuan perkuliahan kewirausahaan di jurusan pendidikan luar biasa, model proses kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus berorientasi pada kecakapan hidup, konsep dan strategi pendidikan kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus, strategi pendidikan kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus, membangun jiwa entrepreneur dengan praktik memulai usaha mahasiswa jurusan pendidikan luar biasa, Strategi Membangun Jiwa Entrepreneur di jurusan pendidikan luar biasa.
Capaian Mata Kuliah :
- Memahami hakekat dan konsep dasar kewirausahaan
- Memahami karakteristik, jiwa dan sikap entrepreneur
- Memahami proses dan kompetensi karakter kewirausahaan
- Memahami tujuan perkuliahan kewirausahaan di jurusan pendidikan luar biasa
- Memahami dan mengaplikasikan model proses kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus
- Memahami dan mengaplikasikan kurikulum berorientasi pada kecakapan hidup
- Memahami dan mengaplikasikan konsep dan strategi pendidikan kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus
- Memahami dan mengaplikasikan strategi pendidikan kewirausahaan untuk anak berkebutuhan khusus
- praktik memulai usaha
- praktik menyusun strategi menumbuhkan jiwa entrepreneur mahasiswa jurusan pendidikan luar biasa
Sumber Rujukan :
- Andrea I. Frank.2007. Entrepreneurship and enterprise skills: A missing element of planning education?, Planning, Practice & Research, 22:4, 635-648, DOI:
10.1080/02697450701770142 - Bosma, N., Hessels, J., Schutjens, V., van Praag, M., & Verheul, I.2012. Entrepreneurship and Role Models. Journal of Economic Psycology, (33)2, 410-424.
- Branback M & Carsrud A.2016.Fundamentals for Becoming a Successful Entrepreneur: From Business Idea to Launch and Management.New Jersey: Pearson Education,Inc.
- Burns P.2016. Entrepreneurship and Small Business, Start-up, growth and maturity. New York: Pulgrave
- Cheung, C-K.2008. Entrepreneurship education in Hong Kong’s secondary curriculum - Possibilities and limitations. Education Training, (50) 6, 500-515. DOI 10.1108/00400910810901827
- Hasanah.2015.Entrepreneurship: membangun Jiwa Entrepreneur Anak melalui Pendidikan Kejuruan. Makasar: CV. Misvel Aini Jaya,
- Mulyadi S.2006. Inovasi Kependidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berwawasan Kewirausahaan Sejak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Khusus, Volume 2, Nomor 1
- Kurniadi D, Trisnamansyah S., Mulyana E., Alimin Z.2009.Pengembangan Model Pelatihan Kecakapan Hidup Dalam Peningkatan Kemandirian Anak Tunalaras:Studi di Panti Sosial Marsudi Putra Handayani Bambu Apus Jakarta Timur. Bandung: UPI
- Sutrisno J.2003.Pengembangan Pendidikan Berwawasan Kewirausahaan Sejak Usia Dini. Makalah IPB. Tidak diterbitkan
- Wahyuni E.2016.Manajemen Layanan Pengembangan Life Skill bagi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Retardasi Mental di SLB Negeri Purbalingga.Skripsi IAIN Purwakarta.tidak diterbitkan
- _________.2013. Modul Pembelajaran Kewirausahaan. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaaan DITJEN Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM