Mata Kuliah Perencanaan Program Magang Praktik Industri (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini mengkaji dan mengobservasi konsep penyelenggaraan PAUD. Mahasiswa dapat mengevaluasi, melaporkan dan membina lembaga TK/RA, KB/BA, TPA, PPT, SPS dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, dan memiliki etika yang baik, serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, dan saintifik.

Capaian Mata Kuliah :

Pengetahuan :

Mahasiswa mampu menguasai pengelolaan dalam penyelenggaraan PAUD

Keterampilan Khusus :

Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD

Sikap :

Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat

Umum :

Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Sumber Rujukan :
  1. Curtis, Deb and Margie Carter. 2008. Leaning together with young children . United states : Redleaf Press
  2. Eliason, Claudia and Loa Jenkins . 2008. A Practical Guied to Early Childhood Curriculum . USA: Pearson
  3. Jackman, Hilda L. 2009. Early Education Curriculum 13 A child 19s Connection to the world . USA: Delmar
  4. Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak . Jakarta: Salemba
  5. Herr, Judy and Yvonne Libby Larson . 2004. Creative Resources for the Early Childhood Classroom . USA: Delmar
  6. Robertson, Cathie. 2003. Safety Nutrition and Health in Early Education . Canada : Delmar
  7. Juknis Penyelenggaraan TK/RA
  8. Juknis Penyelenggaraan KB/BA
  9. Juknis Penyelenggaraan TPA
  10. Juknis Penyelenggaraan POS PAUD
  11. Stacey, Susan. 2009. Emergent Curriculum in Early Childhood Settings . USA: Redleaf Press
  12. Berk, Laura E. 2006. Child Development . USA: Pearson

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM