Mata Kuliah Praktek Asesmen Pembelajaran di SD (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengaji tentang pengertian, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor, strategi asesmen (paper & pencil dan asesmen alternatif), bentuk-bentuk instrumen asesmen, rubrik, analisis dan interpretasi hasil asesmen, asesmen berbasis kelas, asesmen untuk keterampilan proses sains dan sikap ilmiah (termasuk karakter) melalui pembelajaran berbasis tugas, diskusi, dan penggunaan software Anates V4 dan Iteman.

Capaian Mata Kuliah :

A. PLO-PRODI yang dibebankan pada MK

KN-2 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Matematika.

SK-1 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajar mengajar matematika dengan menggunakan TIK

COM-1 Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil penelitian secara efektif secara lisan dan tulisan

B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CLO)

CLO1 Mengkaji dan mempresentasikan teori dan prinsip-prinsip evaluasi, pengukuran, asesmen, instrumen asesmen dan hasil asesmen (KN-2, COM-1)

CLO2 Mengembangkan instrumen asesmen (KN-2, SK-1, COM-1)

CLO3 Mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan hasil asesmen (KN-2, SK-1, COM-1)

C. Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CLO)

Sub-CLO1.1 Mengkaji dan mempresentasikan teori asesmen (prinsip, tujuan, fungsi, jenis)

Sub-CLO1.2 Mengkaji dan mempresentasikan kedudukan pengukuran, asesmen dan evaluasi, taksonomi tujuan Pendidikan Bloom dan prinsip dasar prosedur asesmen

Sub-CLO1.3 Mengkaji dan mempresentasikan teori teknik, macam, bentuk tes dan non-tes

Sub-CLO1.4 Mengkaji dan mempresentasikan asesmen berbasis kelas

Sub-CLO1.5 Mengkaji dan mempresentasikan teori kualitas alat ukur

Sub-CLO2.1 Mengembangkan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran beradasarkan kompetensi dasar

Sub-CLO2.2 Mengembangkan instrumen asesmen (tes) dan pedoman penskorannya

Sub-CLO2.3 Mengembangkan instrumen asesmen (non-tes) dan pedoman penskorannya

Sub-CLO3.1 Mengolah dan menginterpretasikan hasil asesmen (berupa tes) secara manual dan memanfaatkan software serta cara melaporkannya

Sub-CLO3.2 Mengolah dan menginterpretasikan hasil asesmen (non-tes) secara manual dan memanfaatkan software serta cara melaporkannya

Sub-CLO3.3 Memanfaatkan pengolahan hasil asesmen (tes dan non-tes)

Sub-CLO3.4 Menganalisis dan menginterpretasikan hasil uji kualitas alat ukur secara manual dan memanfaatkan software

Sumber Rujukan :
  • Brookhart, Susan M. 2010. How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
  • Arikunto, Suharsimi / I. Jabar, CepiSafruddin Abdul. 2008. Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
  • Kubiszyn, Tom / I. Borich, Gary. 2007. Educational testing and measurement: classroom application and practice. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • Kumari, Sarita / I. Srivastava, D.S. 2005. Education: assessment, evaluation and remedial. New Delhi: Isha Books.
  • Rani, T. Swarupa. 2004. Educational measurement and evaluation. New Delhi: DPH.
  • Ross, Kenneth N. (ed). 2005. Quantitative research Methods in Educationl Planning, Module 6: Overview of Test Construction. Paris: International Institute for Educational Planning, UNESCO.
  • Walton, John A. 2005. Educational objectives and achievement testing. New Delhi: Commonwealth.
  • George, David. 2005. Examination and evaluation in education. New Delhi: Commonwealth.
  • Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences ad Portofolio Development: to accompany learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Naik, S.P. 2004. Role of evaluation in education. New Delhi: Anmol Publications PVT.
  • Johnson, David W. and Johnson, Robert T. 2002. Meaningful Assessment Manageable and Cooperative process. Boston: Allyn and Bacon.
  • Glencoe Series. Tanpa Tahun. Performance Assessment in The Science Classroom. New York: McGraw- Hill Company

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM