Mata Kuliah Belajar Motorik (2 SKS)
Pemahaman dan penguasaan hakikat perkembangan gerak manusia, keterlibatan unsur-unsur yang mendukung pencapaian penguasaan gerak serta peningkatan keterampilan gerak (skill). Untuk selanjutnya mampu menyusun model-model pembelajaran gerak dalam pendidikan jasmani yang mampu meningkatkan kualitas gerak. Perkuliahan dilaksanakan dengan presentasi dan diskusi, tugas proyek dan refleksi.
Memahami pengertian pertumbuhan dan perkembangan manusia, gerak dan berbagai klasifikasi (jenis) gerak, tahapan perkembangan gerak anak dari bayi sampai remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan gerak manusia, prinsip-prinsip pembelajaran keterampilan gerak, dan menyusun model-model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas gerak
1. Cech, D & Martin, S. Functional Movement Development Across the Life Span . Philadelpia. W.B. Saunders Company
2. Hurlock, E. 1995. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta: Erlangga.
3. Kiram Y.1992. Belajar Motorik . Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.
4. Magill, R.A, 2001. Motor Learning Concepts and Applications . Mc Graw-Hill Int.
5. Mutohir, T.C & Gusril. 2004. Perkembangan Motorik pada masa anak-anak . Jakarta: Dirjen Olahraga, Depdiknas.
6. Papalia, D, Olds, S.W, & Feldman, R.D. 2001. Human Development. Mc Graw-Hill Int
7. Payne, V.G & Isaacs, L.D. 1999. Human Motor Development.A lifespan Approach. California. Mayfield Publishing Company
8. Santrock J.W.2007. Child Development. (Perkembangan Anak. Alih bahasa : Mila dan Anna). Jakarta: Erlangga.
9. Strand & Wilson. 1993. Assessing Sport Skills . The United States of Amerika.Human Kinetics Publishers.
10. Kathleen M. H & Nancy Getchell. 2009. Life Span Motor Development . United States of America: Human Kinetics Publisher.
11. Richard A. Schmidt & Timothy D. Lee. 2011. Motor Control and Learning: A Behavioral Emphasis . United States of America: Human Kinetics Publisher.
12. Dale N. Le Fevre. 2012. Best New Games . United States of America: Human Kinetics Publisher.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM