Mata Kuliah Kurikulum Sekolah (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, analisis kurikulum di sekolah, yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian, konsep-konsep esensial serta implementasi pelaksanaan kurikulum di sekolah. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus (kurikulum, pembelajaran, dan miskonsepsi), presentasi dan diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :

Memiliki pengetahuan tentang perkembangan kurikulum sekolah, prinsip-prinsip analisis kurikulum dan menguasai konsep-konsep tentang paradikma perkembangan kurikulum serta memiliki keterampilan untuk melakukan analisis kurikulum untuk menemukan indikator kompetensi, memilih materi termasuk keluasan, muatan dan kedalaman materi. Memiliki keterampilan dalam menganalis keterlaksanaan kurikulum di sekolah-sekolah.

Sumber Rujukan :
  1. Annarino, Anthony A., Cowell, Charless C., and Hazelton, Helen W. (1980) Curiculum Theory And Designe in Physical Education . London: The C.V. Mosby Company.
  2. Bucher, Charles A. (1979). Foundation of Physical Education. London: C.V. Mosby Company.
  3. Sukmadinata, Syaodih Nana (2013) Pengembangan Kurikulum -Teori dan Praktek.Bandung. PT.Remaja Rosdakarya
  4. Quay, John, dan Peters, Jacqui.2012. Creative physical education : integrating curriculum through innovative pe projects . Champaign-IL, Human Kinetics.
  5. Dick, W. And Carey, Lou 1985. The systematic Design of Instructional 2. nd Ed.. Glenview, Illinois : Scot Foresman and Company
  6. Pengantar Perencanaan Pengajaran untuk Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan. Surabaya : FIK Unesa.
  7. Panduan Supervisi Klinis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
  8. Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  9. Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM