Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas cara melakukan inovasi pada pembelajaran PJOK sehingga sesuai dengan tuntutan KD, gerakan literasi sekolah, penguatan pendidikan karakter, dan peningkatan keterampilan esensial abad 21
Capaian Mata Kuliah :
  1. Memiliki 5 karakter utama bangsa Indonesia (religius, integritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong) dan Keterampilan esensial abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, dan kreatif)
  2. Mampu menjelaskan gradasi KD PJOK dalam K13, kontribusi pembelajaran PJOK pada gerakan literasi sekolah, kontribusi pembelajaran PJOK pada penguatan pendidikan karakter, kontribusi pembelajaran PJOK pada peningkatan keterampilan esensial abad 21.
  3. Mampu memahami inovasi pembelajaran PJOK sehingga sesuai dengan tuntutan KD, gerakan literasi sekolah, penguatan pendidikan karakter, dan peningkatan keterampilan esensial abad 21.
  4. Mampu membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kriteria analisis vertikal dan horizontal.
Sumber Rujukan :
  1. Permendiknas 16 tahun 2007 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  2. Panduan Laman Riset PJOK Indonesia User 4 – Mahasiswa (http://risetpjokindonesia.com/panduan-member)
  3. Tips Penulisan Bukti Fisik di Laman Riset PJOK Indonesia User 4 – Mahasiswa (http://risetpjokindonesia.com/panduan-member)
  4. Permendikbud 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Dikdasmen
  5. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, Dit GTK Kemdikbud, 2018
  6. Permendikbud 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Dikdasmen
  7. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skills, Dit GTK Kemdikbud, 2018.
  8. PPT Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013, Kemdikbud, 2018
  9. Permendikbud 37 Tahun 2018 ttg KI-KD Dikdasmen – Sub PJOK tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK
  10. Buku Teks PJOK tingkat SD, SMP, SMA/SMK

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM