Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Mata Kuliah ini membahas tentang Pengertian, definisi, tujuan dan fungsi teori belajar, Prinsip- prinsip, azas-azas, motivasi

belajar dan macam – macam teori belajar: teori behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung, penugasan mandiri dan diskusi kelompok serta presentasi

Capaian Mata Kuliah :

Menguasai Pengertian, definisi, tujuan dan fungsi teori belajar, Prinsip-prinsip, azas-azas belajar dan motivasi belajar
serta macam – macam teori belajar: behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme.Membuat Keputusan konsep dan teori dalam ruang lingkup teori – teori belajar yang relevan untuk diterapkan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus.
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun kelompok, dengan menunjukan keterlibatan aktif
dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran.Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran.


Sumber Rujukan :
  1. Aunurrahman . 2012 . Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  2. Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar . Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hergenhahn, B. R., Olson, M. H. 2015. Theories of Learning (Teori Belajar), Edisi Ketujuh. Jakarta: Prenadamedia.
  5. Gredler, M. E. 2011. Learning and Instruction Teori dan Aplikasi, Edisi Keenam. Jakarta: Kencana.
  6. Mudlofir, A., Rusydiyah, E. F. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktek. Depok: Rajagrafindo Persada.
  7. Suranto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Kontemporer . Yogyakarta: LaksBang Pressindo

  8. Slavin, R.E. 2005. Educational Psychology Theory and Practice . London: Allyn&Bacon

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM