Mata Kuliah Pembelajaran Inovatif II (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Kajian tentang model-model pembelajaran:kooperatif (cooperative learning), pembelajaranberorientasipendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah (problembased learning), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajarankontekstual serta pembelajaran berbasis proyek. Pengkajian dilakukan lewatpemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajarandalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkatpembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar.Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajarantertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengankegiatan diskusi dan refleksi.
Capaian Mata Kuliah :
- Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek, yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif II (1)
- Menunjukkan kemampuan menggunakan waktu dalam merancang pembelajaran (1)
- Membuat keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif meliputi: pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karakteristik siswa. (1)
- Menunjukkan keterampilan komunikasi dan bekerjasama menggunakan pembelajaran yang relevan (2)
- Menunjukkan kemampuan berpikir kritis di dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai (2)
- Terampil mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang relevan dengan gaya belajar para siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus (6)
- Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif meliputi: Model Pembelajaran kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek untuk mencapai kompetensi siswa (1)
- Terampil memilih media yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan di dalam pembelajaran (3)
- Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek yang telah dirancangnya di dalam forum peer teaching (4)
- Mampu menganalisis keefektivan penerapan model pembelajaran yang tergolong pembelajaran inovatif 2 berdasarkan hasil penelitian (5)
Sumber Rujukan :
- Arends, Richard I. 2004. Learning To Teach sixth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
- Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany ;learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company.
- Ibrahim, Muslimin. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Edisi II. Surabaya: University Press
- Ibrahim, Muslimin, Rachmadiarti, Fida, Ismono. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
- Nur, Mohamad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM