Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang peranan evaluasi belajar dan hasil pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah, konsep dasar penilaian autentik, macam-macam bentuk penilaian dan teknik autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas, workshop pengembangan instrumen penilaian dan uji coba instrumen penilaian, analisis data hasil uji instrumen, serta data hasil penilaian. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan menyusun instrumen dan rubrik penilaian berdasar satu Kompetensi Dasar KI-3 suatu mata pelajaran oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
- Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang evaluasi belajar dan hasil pembelajaran dalam pembelajaran tata boga yang berorientasi pada standar penilaian dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.
- Mahasiswa memiliki kemampuan mengimplementasikan konsep evaluasi belajar dan hasil pembelajaran, dan karakteristik siswa untuk menyusun instrumen penilaian hasil belajar dalam proses pembelajaran.
- Mahasiswa memiliki kemampuan memilih dan merancang strategi evaluasi belajar dan hasil pembelajaran yang berdasar pada tujuan pembelajaran dan memenuhi standar penilaian.
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dalam mengembangkan evaluasi belajar dan hasil pembelajaran sesuai dengan standar penilaian.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nitko, Anthony J. 1983. Education, Test and Measurement. London: Hcourt.
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B.dan Koni, Satria. 2016. Assesment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yusuf, A. Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Marzano, Robert J. and Kamdall,John S. 2007. The Taxonomy of Educational. Objecctiives. California: Corwin Pres.
Brookhart, Susan M. 2010. How to Asses Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. Virginia USA: ASCD Alexandria
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM