Mata Kuliah Pengelolaan LAB Bidang Studi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang peranan laboratorium dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai degan kurikulum yang berlaku di sekolah, meliputi: (1) rasional pengelolaan lab/bengkel, akuntabilitas program pendidikan, rema kurikulum SMK, pendekatan keterampilan proses, praktik dan praktikum; (2) sumber belajar dan labwork; (3) merencanakan laboratorium bidang studi; (4) administrasi lab dab keselamatan kerja di lab sekolah. Pembelajaran: dengan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhirri dengan melakukan observasi lab SMK (Boga), membuat desain lab bidang studi tata boga sebagai bahan diskusi kelompok dan refleksi.



Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang peranan laboratorium dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum SMK yang berlaku di sekolah
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep pengelolaan laboratorium dan komponen laboratorium bidang studi sebagai dasar dalam membuat desain laboratorium bidang studi SMK
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan laboratorium SMK yang berorientasi pada kurikulum SMK dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.
  4. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk membuat mendisain laboratorium bidang studi SMK sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya standar pelayanan minimal.
  5. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam membuat perencanaan dan desain laboratorium bidang studi SMK sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya standar pelayanan minimal
Sumber Rujukan :
  1. Akhir, Bustanul. Praktek dan Praktikum SMK .
  2. Brown, Robert D. 1979. Industrial Education Facilities, a Handbook for organization and management. Boston Massachusetts: Allyn and Bacon Inc.
  3. Hadiyat. 1984. Pedoman Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta: CV. Sinar Pengetahuan
  4. Pauther, Albert J. 1971. Teaching shop and laboratorium Subjects . Culombus Charles E Merril Publishing.
  5. Sutarno, Maryono. Dasar-dasar Pengelolaan Laboratorium
  6. Strom, George. 1983. Managing The Ocupational Education Laboratory. Ann Arbor, Michigan: Wadsworth Publishing Company.
  7. Winarni, Astriati. 1992. Laboratorium Bidang Studi PKK. Surabaya: Unipress1
  8. ............. Kurikulum SMK
  9. . ............. 1982. Modern School Shop Planning, sevent Revised Edition. USA: Prakken Publication, Inc.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM